Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al- Mujahidin 2 Loa Janan Ilir
Abstract
ABSTRAK
Nabilla Fitriyani, 2023 “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al- Mujahidin 2 Loa Janan Ilir”. Skripsi, Prodi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Husni Idris, M.Pd sebagai pembimbing 1 dan Muhammad Ridho Muttaqin, M.Pd.I selaku pembimbing 2.
Penelitian ini dilatarbelakangi segala sesuatu yang dapat digunakan seorang guru untuk menyampaikan atau mengalirkan materi secara terencana kepada siswa sehingga mereka dapat belajar secara efektif dan efisien dianggap sebagai media pembelajaran. Dalam hal ini, penelitian ini dilakukan dengan bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh Media pembelajaran Audio Visual terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran fikih kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al-Mujahidin 2 Loa janan ilir.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif pre-eksperimental dengan pendekatan one grup pre-test dan post-test design. Tempat penelitian yaitu MTs Al Mujahidin 2 Loa janan Ilir Samarinda. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah populasi 30 orang dan sampel 15 orang siswa. Teknik pengumpulandata ini menggunakan observasi,hasil tes dan dokumentasi. Dalam proses pengelolahan data yang diperoleh bahwa hasil uji dengan Paired Sample Test pada tabeldiatas maka diperoleh data asymp. Sig ( 2 tailed ) sejumlah 0,005 dimana Asym,Sig < Sig a (0,05). Sehingga hipotesis Ha dalam riset ini diterima, yaitu terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran Audio Visual terhadap hasil belajar matapelajaran Fikih. Hasil analisis bahwa sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran berbasis Audio Visual terdapat selisis dalam nilai Pre-Test dan Post-Test, dalam nilai Pre-test ( 65,47) sedangkan Post-Test (73,33) yaitu 7,86. Pada uji koofisiennsi determinasi diperoleh nilai rsquare 0,489 sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh dari media pembelajaran berbasis Audio Visual sebesar 48%.