dc.description.abstract | ABSTRAK
Suhartini, 2023, “Kegiatan Keagamaan Dalam Meningkatkan Religiusitas siswa Di SMP Plus Melati samarinda”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda dibawah bimbingan Dr. Hj. Robingatin M,Ag selaku pembimbing I dan Dr. H. Ahmad Ruslan A. M,Ag selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi karna ketertarikan peneliti terhadap kegiatan keagamaan di SMP Plus Melati Samarinda yang sangat aktif dan dijalankan dari awal berdirinya SMP Plus Melati Samarinda sampai saat ini. Kegiatan keagamaan ini dilakukan untuk membina siswa agar lebih memperdalam ilmu agama dan tentunya juga memiliki akhlakul karimah yang baik, Di era globalisasi pendidikan saat ini memiliki tugas meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Diharapkan peserta didik mampu meningkatkan keimanan dan ketakwan (IMTAQ) terhadap tuhan yang Maha Esa. Tujuan dari peningkatan keimanan dan ketakwaan ini yaitu untuk mengantisipasi terhadap dampak negatife dari perkembangan ilmu pengetahuaan dan teknologi, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui kegiatan keagamaan dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa di SMP Plus Melati Samarinda.
Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian dengan metode deskriptif kualitatif dimana berjenis penelitian lapangan, kemudian teknik pengumpulan datanya yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, yang menjadi sasaran peneliti dalam penelitian ini adalah, Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam, Wali Kelas VII sampai Wali Kelas IX, dan Siswa, Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, Kondensasi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan keagamaan yang ada di SMP Plus Melati Samarinda untuk shalat dhuha dapat meningkatkan aspek ideology, aspek ritualistic, dan aspek konsekuensial siswa, sholat dzuhur berjamaah dapat meningkatkan aspek ideology, aspek ritualistic, aspek intelektual, dan aspek konsekuensial siswa, membaca asmaul husna dapat meningkatkan aspek ideology, aspek ritualistic, dan aspek intelektual, tadarus Alqur’an dapat meningkatkan aspek ideology, aspek ritualistic, dan aspek konsekuensial, budaya 5 S (senyum, salam, sapa, sopan, santun) dapat meningkatkan aspek ideology, aspek ritualistic, dan aspek konsekuensial, muhadharah dapat meningkatkan aspek ideology, aspek ritualistic, aspek eksperiensial, aspek intelektual dan aspek konsekuensial, Pesantren Ramadhan dapat meningkatkan aspek eksperiensial, aspek intelektual dan aspek konsekuensial dan memperingati hari besar Islam seperti Isra’ Mi’raj dan Maulid Nabi dapat meningkatkan aspek ideology, aspek ritualistic, dan aspek konsekuensial, muhadharah dapat meningkatkan aspek ideology, aspek ritualistic, aspek eksperiensial, aspek intelektual dan aspek konsekuensial, berbagi kepada panti asuhan dan anak yatim dapat meningkatkan aspek ritualistic dan aspek kontekstual. | en_US |