Pengaruh Pelayanan Islami dan Harga Jasa Kurir Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Spesialis Kuir (SPEKU) di Kota Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Roma Andrika, 2019. Pengaruh Pelayanan Islami dan Harga Jasa Kurir Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Spesialis Kuir (SPEKU) di Kota Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Darmawati, M.Hum dan Dr. H.M. Tahir, M.M.
Penelitian ini berawal dari penulis melihat bahwa tingginya minat masyarakat kota samarinda untuk menggunakan jasa kurir di spesialis kurir dibandingkan dengan layanan jasa kurir lainnya yang ada dikota samarinda. Untuk tetap meningkatkan kepercayaan para pelanggan spesialis kurir tentunya harus memberikan pelayanan Islami yang terbaik dan Harga yang sangat terjangkau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelayanan islami dan harga jasa kurir terhadap keputusan menggunakan jasa spesialis kuir (SPEKU) di Kota samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan yang menggunakan jasa spesialis kurir, sedangkan yang menjadi sampel berjumlah 30 responden dengan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah regresi berganda dengan menggunakan SPSS versi 23.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Pertama,berdasarkan hasil uji T diketahui bahwa Ttabel sebesar 2.051 maka Thitung atau 2.190 > 2.051 sehingga Ho ditolak (Ha diterima) yang berarti secara parsial pelayanan Islami berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa kurir speku di kota Samarinda. Kedua, berdasarkan hasil uji T diketahui bahwa Thitung sebesar 1.599 dan Ttabel sebesar 2.051 maka Thitung < Ttabel atau 1.599 < 2.051 sehingga Ho diterima (Ha ditolak) yang berarti secara parsial harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa kurir speku di kota Samarinda. Ketiga, berdasarkan uji F (simultan) uji ini menunjukkan bahwa f hitung pada tabel annova adalah sebesar 11.338 sedangkan F tabel adalah sebesar 2.96 dengan melihat dan membandingkan f hitung dengan f tabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pelayanan Islami dan harga secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap keputusan. Keempat, berdasarkan hasil Uji R2 (analisis determinasi) Uji ini menunjukkan bahwa R2 pada penelitian ini sebesar 0.456 atau sebesar 45.6% maka dapat disimpulkan bahwa variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini memberikan sumbangan pengaruh 45.6% sedangkan sisanya 54.4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model yang belum termasuk dalam penelitian ini.