Peningkatan Kreativitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Istiqamah Balikpapan
Abstract
ABSTRAK
Wahyu Subastian, 2023, Mengenai “Peningkatan Kreativitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Istiqamah Balikpapan”,. Skripsi program studi pendidikan Agama Islam Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Darwis M. SI selaku pembimbing I dan Muhammad Ridho Muttaqin M. Pd.I selaku Pembimbing II.
Latar belakang mengenai penelitian peningkatan kreativitas pembelajaran Pendidikan agama islam di sekolah Dasar Islam Terpadu Istiqamah Balikpapan mengenai kreativitas pembelajaran, guru merupakan salah satu unsur penting didalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Pengembangan kreativitas pembelajaran di sekolah bagian upaya untuk memberikan proses pembelajaran dalam peningktan kreativitas pendidik dan kreativitas peserta didik di sekolah Dasar Islam Terpadu Istiqamah Balikpapan. Selain itu pendidik juga megembangkan mengenai lingkungan pembelajaran kreativitas sekolah. Rumusan masalah bagaimana upaya peningkatan kreativitas pembelajaran di sekolah dasar islam terpadu Istiqamah Balikpapan dan bertujuan untuk mengetahui kraeativitas didalam proses belajar dan mengajar. Upaya peningkatan kreativitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kreativitas pendidik dan peserta didik di sekolah. Landasan teori mengenai penegertian, faktor-faktor, ciri-ciri, aspekaspek, factor pendukung dan penghambat kreativitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam mengenai pengertian, pendekatan pembelajaran, materi Pendidikan Agama Islam, kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah SDIT Istiqamah Balikpapan berikutnya kreativitas guru pendidikan Agama Islam dan Peserta didik.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data. Dalam penelitian ini di peroleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi data yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi teori dan triangulasi waktu. Untuk menguji analisis data menggunakan kondensasi data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian tetang peningkatan kreativitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Istiqamah Balikpapan, kreativitas pembelajaran pendidik memberikan proses belajar menggunakan media pembelajaran berupa zoom, powerpoint dan lingkungan pembelajaran yang di kembangkan, tahfizh, tilawati, dan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kembangkan menjadi Islamic Studies bagian lingkup pembelajaran salah satu pengembangan dari kreativitas di sekolah. Kesimpulan penelitian ini menegnai kreativitas pembelajaran banyak yang di kembangkan dari mata pelajaran ke ekstrakurikuler dan proses mengajar guru memanfaatkan teknologi yang ada di sekolah dan memanfaatkan alat peraga.