Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SDN 020 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Rizki Alfian (1711101224). “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SDN 020 Samarinda” 2023. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, penelitian ini dibawah bimbingan bapak Muhammad Iwan Abdi, M. SI sebagai pembimbing I dan ibu Dr. Hj. Titi Kadi M. Pd. I sebagai pembimbing II.
Peranan seorang guru dalam meningkatkan motivasi belajar menjadi suatu instrumen yang sangat penting bagi pembelajaran, ditambah saat pembelajaran peserta didik mengalami kebosanan dalam belajar. Berangkat dari hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN 020 Samarinda dan mengetahui faktor pendukung serta penghambat dalam proses peningkatan motivasi belajar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskripstif dengan obyek penelitian di SDN 020 Samarinda. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi kepada kepala sekolah, pengajar mata pelajaran PAI, siswa dan orang tua siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif dengan melakukan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian di lapangan saya menemukan adanya peran guru dalam memberikan motivasi kepada peserta didik melalui empat macam pemberian motivasi, yaitu (1) ekstrinsik yang berupa pemberian kuis melalui media google form dengan tampilan yang menarik, pemberian hadiah atau reward dan pelibatan orang tua untuk pendampingan; (2) introyeksi berupa pembelajaran dengan metode interaktif dan berlomba – lomba untuk menjawab pertanyaan secara langsung; (3) identifikasi berupa pemberian kebebasan belajar untuk memilih dengan media conference, kuis google form ataupun melalui WhatsApp Grup; (4) intrinsik berupa memberikan kesenangan dengan belajar sambil bermain. Adapun faktor pendukung dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik ialah dukungan dari segenap pihak baik mulai dari kebijakan kepala sekolah ataupun orang tua peserta didik. Sedangkan faktor penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik ialah memakan kuota internet yang banyak, dan adapula faktor dari orang tua yang belum bisa mengoperasikan aplikasi untuk video conference saat pembelajaran.