Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Berasrama (Studi Kasus SMP Plus Melati Samarinda)
Abstract
ABSTRAK
Andhika Gayatri, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Berasrama (Studi Kasus SMP Plus Melati Samarinda), Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda dibawah bimbingan Drs. Ahmad Riyadi, SS, M.Hum selaku pembimbing I, dan Dr. Akhmad Muadin, M. Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh SMP Plus Melati Samarinda adalah sekolah umum berasrama yang menggunakan kurikulum 2013. sekolah ini juga menerapkan sistem full day oleh karena itu, jam pelajaran, waktu pelaksanaan pembelajaran, dan kegiatan yang lainnya akan dipadatkan menjadi lima hari yaitu di mulai dari hari senin hingga jumat, kemudian pada hari sabtu akan dilakukan pengembangan terhadap bakat siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler. Untuk pengembangan kurikulumnya, sekolah ini berkolaborasi dengan asrama karena di sekolah berasrama dibimbing dan di awasi secara kontinue. Peserta didik melaksanakan program pendidikan yang diawali saat pagi hingga sore hari di sekolah. Setelah itu peserta didik melanjutkan kegiatan pembelajaran mengenai keagamaan dimalam hari dengan harapan agar dapat memberikan dampak positif serta perubahan bagi peserta didik untuk diterapkan dikehidupan sehari-harinya. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Berasrama.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan pada penelitian ini yaitu Kepala sekolah, Waka Kurikulum, dan Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Plus Melati Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data pada penelitian ini menggunakan uji kredibilitas yang terdiri dari triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang didapat yaitu: Pengembangan Kurikulum PAI melalui program keagamaan terhadap karakter siswa di SMP Plus Melati melakukan kolaborasi bersama asrama dengan dilakukannya dengan berbagai macam program-program keagamaan yang ada disekolah seperti adanya sholat berjamaah, tadarus Al-Qur’an, membaca Asmaul Husna, Muhadarah. Hal terebut dilkukan agar menghasilkan anak didik yang memiliki karakter yang baik dalam menerapkan nya dikehidupan sehari-hari. Pengembangan kurikulum PAI dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah dengan guru menyelesaikan tugas belajar sesuai RPP, menerapkan metode pembelajaran yang sesuai mata pelajaran yang diajarkan, memanfaatkan lingkungan belajar yang tersedia di sekolah, mewujudkan situasi belajar yang menyenangkan bagi siswa, dan Tanggung jawab lain yang dimiliki guru seperti ikut terlibat langsung dalam mendampingi siswa melaksanakan kegiatan keagamaan di sekolah.