Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII & VIII di SMP Negeri 15 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Aulia Firdayanti, 2023, “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII & VIII di SMP Negeri 15 Samarinda” Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penulisan Skripsi ini dibawah bimbingan Lismina, S. Ag, M. Pd selaku pembimbing I dan Drs. Sri Susmiyati, S. Ag, M. Pd.I selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya strategi guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya Guru PAI. Akan tetapi banyak guru yang kurang memperhatikan strategi pengajarannya. Mereka merasa bahwa apa yang mereka sampaikan sudah dipahami oleh siswa, padahal kenyataannya siswa belum sepenuhnya memahami materi yang disampaikan. Seringkali strategi pengajaran yang digunakan juga terlalu monoton dan sama. Untuk mengatasi hal ini, guru perlu memiliki strategi atau pendekatan yang dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih baik dan memberikan tanggapan yang jelas. Guru dapat mencoba pendekatan yang lebih menarik dan interaktif, serta menggunakan variasi dalam metode pengajaran. Misalnya dengan memanfaatkan media pembelajaran yang beragam dan menciptakan suasana kelas yang menyenangkan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah penelitian ini adalah : 1) Bagaimana Strategi Guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, 2) Apa saja Faktor Penghambat dan Pendukung yang dihadapi Guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, dan tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan strategi guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar dan 2) Untuk mendeskripsikan Faktor Penghambat dan Pendukung yang dihadapi Guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 15 samarinda.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, pendekatan deskriptif, dengan Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang meliputi Langkah – Langkah pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah : 1) Strategi Guru PAI Kelas VII dan VIII di SMP Negeri 15 Samarinda yang digunakan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa adalah a) penggabungan metode pembelajaran, b) pembelajaran kontekstual c) memberikan reward berupa nilai, d) memberikan pujian, e) memberikan hukuman, dan f) penggunaan media. 2) Faktor penghambat dan pendukung yang dihadapi Guru PAI di SMP Negeri 15 Samarinda dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, faktor penghambat yaitu berasal dari sekolah, a) kelas yang terlalu banyak, b) sarana dan prasarana yang kurang dan c) kurangnya jam pembelajaran PAI dan faktor yang dari diri sendiri, lingkungan dan keluarga yaitu, a) kurangnya minat siswa, b) pengaruh lingkungan tetangga yang negatif, c) kurangnya dukungan dari keluarga, sedangkan factor pendukung yaitu a) pendidik, b)semangat belajar siswa itu sendiri untuk belajar, c) Dukungan dari kepala sekolah mengirim guru untuk belajar di luar sekolah, dan d) bekerja sama antara guru PAI dengan Guru mata Pelajaran yang lain.