Implementasi Berbahasa Asing dalam Sistem Perkuliahan Mahasiswa Kelas Khusus Internasional Prodi PAI di Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Kholifatus Sa’diyah, 2023. “Implementasi Berbahasa Asing dalam Sistem Perkuliahan Mahasiswa Kelas Khusus Internasional Prodi PAI di Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda” Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Darwis, M. SI sebagai pembimbing I dan Rega Armella M.Pd, sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah salah satu bentuk menghadapi dan mengikuti perkembangan global, Universitas Sultan Aji Muhammad Idris memiliki program kelas khusus internasional dengan menggunakan bahasa asing dalam sistem pembelajarannya. Namun, wawancara awal ditemukan bahwa di dalam kelas khusus internasional penggunaan bahasanya masih mencampurkan antara bahasa Indonesia dengan bahasa Arab-Inggris,. Secara ideal, lembaga bertaraf internasional penggunaan bahasa Indonesia tidak diterapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi berbahasa asing di dalam kelas khusus internasional itu diterapkan dan untuk memaparkan faktor pendukung serta penghambat dari pengimplementasian berbahasa asing dalam perkuliahan mahasiswa kelas khusus internasional. Oleh karena itu, maka peneliti akan meneliti seperti apa implementasi berbahasa asing di kelas khusus internasional UINSI Samarinda
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas khusus internasional yang secara aktif dalam kegiatan belajar mengajar sebanyak 60 mahasiswa serta pengelola KKI. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi,dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Implementasi berbahasa asing dalam perkuliahan mahasiswa KKI UINSI Samarinda menerapkan bahasa asing sebagai bahasa pengantar atau bisa dikatakan dengan pencampuran ketiga bahasa yakni bahasa Indonesia-Arab-Inggris. Dalam penelitian ini masih ditemukan bahwa beberapa dosen yang mengajar di kelas KKI tidak menggunakan silabus dan bahan ajar berbahasa asing. (2) Faktor pendukung dalam penelitian ini adalah adanya motivasi diri dan saling belajar satu sama lain antar mahasiswa karena memiliki visimisi yang sama serta sarana prasarana seperti fasilitas kelas yang nyaman untuk belajar bahasa. Sedangkan faktor penghambat dalam implementasi berbahasa asing di kelas KKI adalah kurangnya percaya diri karena tidak ada dasar berbahasa sejak masa Sekolah Menengah Atas (SMA), mata kuliah tambahan khususnya mata kuliah kebahasaan hanya diadakan satu semester saja serta sumber daya manusia beberapa dosen yang masih dominan menggunakan bahasa Indonesia sehingga tidak terbiasa menerapkan bahasa asing ketika kegiatan belajar mengajar.