Show simple item record

dc.contributor.authorWidyanto, Nonok
dc.contributor.authorSuharman, Suharman
dc.contributor.authorSudadi, Sudadi
dc.date.accessioned2024-04-06T21:48:25Z
dc.date.available2024-04-06T21:48:25Z
dc.date.issued2023-12-31
dc.identifier.issn2502-8170
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4225
dc.description.abstractArtikel ini membahas peran penting supervisi pendidikan dalam meningkatkan profesionalisme guru Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Kutai Kartanegara. Supervisi pendidikan dianggap sebagai strategi efektif untuk mengidentifikasi kebutuhan pengembangan guru, memfasilitasi pertukaran pengetahuan, dan meningkatkan kualitas pengajaran. Penelitian ini fokus pada implementasi supervisi pendidikan sebagai upaya konkret untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan motivasi guru SD. Metodologi penelitian dengan metode literatur review atau kepustakaan. Supervisi pendidikan berkontribusi pada peningkatan profesionalisme guru, terutama melalui umpan balik konstruktif, pelatihan tambahan, dan pembelajaran kolaboratif antar-guru. Tantangan yang mungkin dihadapi dalam penerapan supervisi pendidikan, termasuk keterbatasan sumber daya dan dukungan institusional. Oleh karena itu, rekomendasi disusun untuk meningkatkan efektivitas supervisi pendidikan, termasuk peningkatan alokasi sumber daya, pengembangan keterampilan supervisi bagi para pengawas pendidikan, dan penguatan kerjasama antara sekolah dan pihak terkait.en_US
dc.publisherUniversitas Widya Gama Mahakam Samarindaen_US
dc.subjectSupervisi pendidikan, profesionalismen guru, Kutai Kartanegaraen_US
dc.titleSUPERVISI PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU SD DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARAen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record