Show simple item record

dc.contributor.authorMahabbatullaina, Mahabbatullaina
dc.date.accessioned2024-04-19T02:55:03Z
dc.date.available2024-04-19T02:55:03Z
dc.date.issued2023-11-20
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4233
dc.description.abstractABSTRAK Mahabbatullaina, 2023. “Implementasi Layanan Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Dalam Keputusan Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Bagi Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Sebulu”. Skripsi, Jurusan Pemberdayaan Masyarakat Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Ida Suryani Wijaya, M.Si dan Sai Handari, M.Pd Bagi siswa yang berminat melanjutkan studi ke perguruan tinggi diperlukan memiliki pemilihan jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat serta memiliki efikasi diri yang tinggi. Efikasi diri diperlukan agar dapat mengatur dan menjalankan semua tindakan yang dipilih. Akibat dari rendahnya efikasi diri akan membuat para siswa memiliki banyak pertimbangan ketika ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi, pertimbangan tersebut mempengaruhi beberapa faktor yaitu masalah ekonomi, akademik ataupun pengaruh lingkungan. Demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi layanan bimbingan karir di SMA Negeri 1 Sebulu dalam upaya meningkatkan efikasi diri siswa kelas XII untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data penelitian ini meliputi 5 informan yaitu Guru BK, Guru Koordinasi Kelas, Kepala Sekolah dan 2 Siswa Kelas XII Tahun Ajaran 2022/2023. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah metode Fenomenologi Data Analisis (FDA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi layanan bimbingan karir di SMA Negeri 1 Sebulu mempunyai tahapan kegiatan yakni: Pertama, Perencanaan dilakukan dengan mengobservasi dan menganalisis lalu mengindentifikasi kebutuhan peserta didik melalui penyebaran Angket Kebutuhan Peserta Didik (AKPD) dan Angket Peminatan. Kedua, Pelaksanaan dilakukan dengan pertemuan lintas bersama orang tua dalam berdiskusi mengenai karir para siswa dan organisasi mahasiswa serta melakukan berkolaborasi bersama guru koordinasi. Ketiga, Penilaian dilakukan berupa Penilaian Segera (Laiseg) yang melibatkan para siswa dalam menilai sejauh mana kepuasan mereka terhadap layanan yang diberikan. Keempat, Evaluasi dilakukan dengan mengisi angket evaluasi hasil layanan terlihat dari hasilnya yaitu para siswa sudah mempunyai keputusan yang baik dalam karirnya. Kelima, Tindak lanjut dilakukan dengan mengadakan pertemuan bersama orang tua yang bertujuan agar dapat memberikan pemahaman tentang alur pendaftaran masuk ke perguruan tinggi serta pemahaman tentang adanya beasiswa jika siswa memenuhi persyaratan.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectLayanan, Bimbingan Karir, Efikasi Dirien_US
dc.titleImplementasi Layanan Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Dalam Keputusan Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Bagi Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Sebuluen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record