dc.description.abstract | ABSTRAK
Tina Sulistiawati, 2023. “Pengaruh Strategi Active Learning Tipe Card Sort Terhadap Partisipasi Aktif Siswa Dalam Mata Pelajaran Fikih Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Sulaiman Yasin Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Peneliti ini dibimbing oleh Ibu Dr. Siti Nor Asiah, S.E, M.Pd. selaku pembimbing I dan Bapak Ahmad Maulana Syafi’i, M.Si. selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh partisipasi aktif siswa yang dipandang dapat memberikan semangat siswa dalam belajar di dalam kelas, dapat membuat siswa menjadi termotivasi bahkan mampu membuat siswa menjadi senang di dalam belajar, Adapun realita di lapangan membuktikan bahwasannya masih cukup banyak siswa yang jenuh atau kurang berpartisipasi aktif dalam belajar. Siswa tidak semangat dan siswa tidak termotivasi dalam belajar. Hal tersebut perlunya ada penerapan suatu metode pembelajaran yang dapat memberikan semangat siswa saat belajar di dalam kelas dan dapat menarik perhatian siswa dalam pembelajaran. Salah satu metode yang diterapkan tersebut adalah active learning tipe card sort. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh antara strategi active learning tipe card sort terhadap partisipasi aktif dalam mata pelajaran fikih kelas VII di MTs Sulaiman Yasin Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Sulaiman Yasin Samarinda yang berjumlah 50 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh dengan menggunakan seluruh populasi untuk dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner, observasi yang telah terbukti validitas dan reliabilitasnya. Data tersebut telah memenuhi syarat normalitas, linearitas, homogenitas dan adapun data analisis menggunakan uji hipotesis berupa uji korelasi product moment, uji t dan uji determinasi.
Hasil penelitian ini dapat diketahui diperoleh nilai korelasi ( r ) sebesar 0,658 angka tersebut berada pada interval 0,60 – 0,79 yaitu menunjukkan besar pengaruh yang “kuat” dengan thitung 6,054 > nilai ttabel 1,677 dan peroleh nilai dengan nilai kontribusi hubungan sebesar 43,3%. Kemudian diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001< 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa HO ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh antara variabel X (active learning tipe card sort) terhadap variable Y (partisipasi aktif siswa). | en_US |