View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Samarinda

Thumbnail
View/Open
Ayu Tiyah Lestari.docx (16.91Kb)
Date
2023-12-20
Author
Lestari, Ayu Tiyah
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Ayu Tiyah Lestari, 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Penelitian ini di bimbing oleh ibu Dra. Etty Nurbayani, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan bapak Misbahul Fuad, M.Pd.I selaku dosen pembimbing II. Proses perkembangan kurikulum yang ada, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Samarinda merupakan salah satu sekolah dasar yang di pilih untuk menerapkan kurikulum merdeka berdasarkan surat keputusan yang di keluarkan oleh kementrian agama penerapan kurikulum merdeka belajar di lakukan secara bertahap dikelas 1 dan 4. Kurikulum merdeka belajar merupakan kurikulum terbaru berbasis kompetensi yang lebih berpusat pada siswa. Penelitian ini di laksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Samarinda. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui Implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Samarinda dan mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam pengimplementasian kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, dan Guru mata pelajaran fiqih kelas IV. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data skunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah kondensasi data, penyajian data, serta penarikan simpulan. Teknik Keabsahan data yang di gunakan peneliti adalah triangulasi sumber data, triangulasi sumber teknik. Hasil penelitian yang di proleh oleh peneliti dapat di simpulkan bahwa implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Samarinda sudah berjalan secara bertahap khusus-nya pada mata pelajaran fiqih, di mana dapat dilihat pada tahap penerapan kurikulum yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Faktor pendukungnya seperti motivasi dan minat belajar siswa, sarana dan prasarana, serta dukungan madrasah dan kerjasama antar guru sedangkan faktor penghambatnya seperti kurikulum merdeka merupakan hal baru, dan anggaran waktu.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4239
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [868]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV