Peran Guru Agama Dalam Menanamkan NilaiNilai Moderasi Beragama Kepada Siswa Di SMP Negeri 15 Loa Janan Ilir
Abstract
ABSTRAK
Achmad Zakin Ismail, 2023. “Peran Guru Agama Dalam Menanamkan NilaiNilai Moderasi Beragama Kepada Siswa Di SMP Negeri 15 Loa Janan Ilir”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Penelitian ini di bimbing oleh Drs. Khairul Saleh, M. Ag selaku dosen pembimbing I dan Muhammad Khairul Rijal, M.Pd selaku dosen pembimbing II.
Indonesia merupakan sebuah negara yang majemuk. dimana Indonesia memiliki beragam suku, ras, budaya, bahasa, dan agama. Akibat keberagaman ini seringkali timbul konflik di Indonesia, salah satunya adalah konfilik yang bernuansa agama. Untuk menghindari konflik dan perpecahan perlu satu nilai yang menanamkan cara pandang, sikap, dan prilaku. Nilai tersebut adalah nilai moderasi beragama yang tengah digaungkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Salah satu bentuk penananman nilai moderasi beragama dalam pembelajaran terlihat ketika guru PAI mempersilahkan siswa agama lain untuk meninggalkan kelas ketika pembelajaran PAI berlangsung. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 15 Loa Janan Ilir, kota Samarinda. Karena, peneliti tertarik dengan keberagaman agama yang ada guru mampu berperan untuk menciptakan suasana harmonis didalam linkungan sekolah. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru agama dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama kepada siswa di SMP Negeri 15 Loa Janan Ilir kota Samarinda dan mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi keberhasilan guru agama dalam menanamkan nilai moderasi beragama pada siswa di SMP Negeri 15 Loa Janan Ilir kota Samarinda.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama, Kepala sekolah dan Siswa. sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan peneliti adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik serta triangulasi waktu.
Hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa peran guru pendidikan agama dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama kepada siswa dengan guru pendidikan agama yang berperan sebagai sumber belajar, fasilitator, pengelola, demonstrator, pembimbing, motivator. Faktor pendukung dan faktor penghambat, faktor pendukungnya seperti peserta didik, kerjasama antar guru, dan kurikulum sekolah sedangkan faktor penghambatnya seperti siswa yang kurang memperhatikan, dan perayaan keagamaan yang masih belum dilaksanakan dengan rutin pada hari besar keagamaan.