Implementasi Delivery strategy guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an Di SMK Negeri 2 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Dedy Saputra, “Implementasi Delivery strategy guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an Di SMK Negeri 2 Samarinda”,2023. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Muhammad Iwan Abdi S.Pd.I,M.SI selaku pembimbing I dan Sri Susmiyati S.Ag. M.Pd.I selaku pembimbing II.
Latar belakang pada penelitian ini terdapat masalah pada bacaan AlQur’an siswa SMK Negeri 2 samarinda seperti siswa yang belum bisa membaca Al-Qur,an dan yang sudah bisa membaca tetapi penyebutan huruf dan panjang pendeknya kurang tepat dan benar, maka dengan adanya guru Pendidikan Agama Islam ini dapat membantu dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dan sumber data penelitian ini yaitu data primer dengan guru Pendidikan Agama Islam dan siswa-siswi SMK Negeri 2 Samarinda. Adapun data sekunder yaitu dokumen profil sekolah. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan tiga teknik utama yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan menggunakan triagulasi sumber dan triagulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti ialah dengan melakukan beberapa tahap yaitu kondensasi data, display data, kemudian ditarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyimpulkan bahwa Implementasi Delivery Strategy pembelajaran ialah menyampaikan isi pembelajaran kepada siswa dan menyediakan media atau bahan yang diperlukan. Delivery Strategy memiliki tiga komponen diantaranya, Media pembelajaran,bentuk interaksi, bentuk struktur dengan menggunakan komponen tersebut akan lebih mudah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur,an, selain itu kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur,an juga dapat diukur dari beberapa aspek ; ketepatan pada tajwid, kesesuaian makrijul huruf dan kelancara dalam membaca Al-Qur’an. Maka dari itu dengan menerapkan Delivery Strategy yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa ialah dengan menggunakan media seperti Laptop, LCD dan buku.