Pengaruh Pendidikan dan Latihan (Diklat) dan Gelar Akademik Terhadap Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda Tahun Ajaran 2023/2024
Abstract
ABSTRAK
Anisyah Nur Aini, 2024. “Pengaruh Pendidikan dan Latihan (Diklat) dan Gelar Akademik Terhadap Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda Tahun Ajaran 2023/2024”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. Darwis, M.Si selaku dosen pembimbing I dan Ibu Rega Armella, M.Pd selaku dosen pembimbing II.
Latar belakang penelitian membahas tentang diklat yang menjadi wadah bagi guru dalam mengembangkan potensi yang dimiliki. Namun, perolehan gelar akademik menjadi faktor utama dalam mencapai guru profesional dimana didalamnya terdapat pembelajaran tentang pengetahuan yang harus dimiliki oleh guru dan juga tugas akhir yang menunjang keprofesionalan guru itu sendiri. Oleh karena itu, pemerintah menetapkan kualifikasi akademik minimal D-IV/SI dalam mengajar. Dalam pelaksanaan pembelajaran itu sendiri terdapat evaluasi sebagai wadah perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru demi menunjang efektifitas pembelajaran. Dengan ini maka rumusan masalah yang diambil berupa seberapa besar pengaruh pendidikan dan latihan (diklat) dan gelar akademik terhadap pelaksanaan evaluasi pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda Tahun Ajaran 2023/2024 dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar variabel tersebut saling mempengaruhi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan terminologi pengaruh. Tempat penelitian ini berada di MTs Negeri Samarinda di JL. Harmonika No.100. Populasi dari penelitian merupakan guru di MTs Negeri Samarinda dengan jumlah total 103 guru. Sampel yang digunakan adalah “Purposive Sampling” dengan memperhatikan beberapa kriteria yang ditetapkan berupa guru berpendidikan minimal D-IV/SI, mengikuti diklat profesi keguruan dan paham tentang pelaksanaan evaluasi pembelajaran terkait sehingga didapat hasil sebesar 33 sampel.
Berdasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel pendidikan dan latihan (diklat) dan gelar akademik terhadap variabel evaluasi pembelajaran dibuktikan dengan hasil uji korelasi memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05 yang menyatakan bahwa variable pendidikan dan latihan (diklat) dan gelar akademik terhadap pelaksanaan evaluasi pembelajaran berkorelasi. Hasil uji koefisien determinasi memiliki nilai R2 = 0,429 yang menandakan variabel-variabel tersebut memiliki pengaruh sebesar 42,9% dan 57,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya diluar variabel ini seperti bobot soal yang digunakan guru, referensi yang dibaca oleh siswa dan keaktifan siswa dalam menjawab soal tes.