Show simple item record

dc.contributor.authorEka Prasasti, Weni Febriliani
dc.date.accessioned2024-04-24T01:17:03Z
dc.date.available2024-04-24T01:17:03Z
dc.date.issued2024-01-30
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4245
dc.description.abstractABSTRAK Weni Febriliani Eka Prasasti, 2024. “Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Student Team-Achievement Divisons Terhadap Ketuntasan Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Bagi Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Program Sarjana (S1), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. Darwis, M.SI sebagai pembimbing I dan Ibu Rega Armella, M.Pd sebagai pembimbing II. Pada setiap pembelajaran ketuntasan belajar adalah salah satu cara mengukur tercapainya tujuan pembelajaran, dalam menciptakan ketuntasan belajar yang baik maka diperlukan kondisi pembelajaran yang mendukung, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang telah tersedia. Melihat bahwa model pembelajaran menjadi salah satu factor yang mempengaruhi ketuntasan belajar. Maka, penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui hubungan antara model pembelajaran Student Team-Achievement Divisions dengan ketuntasan belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam bagi siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Asosiatif Kausal, pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket kepada 186 responden dan melihat nilai formatif peserta didik Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda. Pada penelitian ini digunakan uji validitas dan reliabilitas untuk menguji keabsahan data, dan terdapat uji korelasi untuk melihat hubungan antara dua variabel, uji t untuk menguji hipotesis dan juga uji koefisien diterminasi untuk melihat besar persentase pengaruh. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran Student Team-Achievement Divisions berpengaruh secara signifikan terdapat ketuntasan belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji korelasi dengan nilai sig 0,000 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran STAD terhadap ketuntasan belajar, serta hasih uji t dengan nilai sig 0,000 yang artinya Ha diterima yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran STAD terhadap ketuntasan belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam bagi siswa di MTsN Samarinda, dan uji koefisien diterminasi (R2) diketahui bahwa besarnya R2 = 0,551 berarti variable model pembelajaran Student Team-Achievemen Divisions mempengaruhi ketuntasan belajar sebesar 55,1% dan sisanya 44,9% dipengaruhi factor lain.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectModel Cooperative Learning, Tipe Student Team-Achievement Divisons, Ketuntasan Belajaren_US
dc.titlePengaruh Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Student Team-Achievement Divisons Terhadap Ketuntasan Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Bagi Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record