Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII di MTs Al-Hidayah Samboja
Abstract
ABSTRAK
Egi Nabila, 2023. Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII di MTs Al-Hidayah Samboja. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Husni Idris M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Atika Muliyandari M.Pd selaku pembimbing II.
Kreativitas guru dalam pembelajaran tentunya memiliki peran penting untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran terutama pada pelajaran SKI agar dapat memberikan pemahaman dan suasana pembelajaran yang menyenangkan agar memacu minat belajar pada siswa, maka menggunakan media pembelajaran oleh guru merupakan bentuk kreativitas dalam mengajar. Perlu dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui kreativitas guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran SKI kelas VIII di MTs Al-Hidayah Samboja serta mengetahui faktor penghambat dan pendukung kreativitas guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran SKI kelas VIII di MTs Al-Hidayah Samboja.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, hasil dari data yang terkumpul melalui tiga tekniktersebut kemudian diperiksa keabsahannya dengan validasi kontekstual dalam pelaksanaannya menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis yang dikembangkan Matthew B Miles, A Michel Hubermen dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan data (verifikasi).
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kreativitas guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran SKI kelas VIII di MTs Al-Hidayah Samboja, kreativitas yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran. Media yang digunakan seperti media audio (speaker/pengeras suara), media visual (peta, globe, power point, kertas karton dan papan tulis), audio visual (penayangan video) melalui LCD/proyektor dan media cetak berupa buku. Guru berupaya kreatif dalam mengajar dengan memanfaatkan media pembelajaran yang sudah disediakan dan mengembangkannya, guru juga mendesain materi pelajaran dengan mengadaptasi dari buku mengkemas materi tersebut lebih menarik secara visual bagi siswa. Penyampaian materi pelajaran secara baik dan dapat dipahami oleh siswa. Melalui kreativitas tersebut dapat meningkatkan minat belajar pada siswa, seperti halnya mereka menjadi lebih fokus, aktif bertanya, menanggapi guru, disiplin mengerjakan serta mengumpulkan tugas, lalu adanya antusias dalam belajar yang membuat suasana belajar menyenangkan. Adapun faktor penghambat dari kreativitas guru yaitu: a) keterbatasan waktu yang dimiliki oleh guru, b) alokasi waktu belajar yang terbatas selanjutnya faktor pendukung dari kreativitas guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI melalui penggunaan media pembelajaran yaitu a) sarana dan prasarana. b) kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran. c) dukungan kepala sekolah. d) mengikuti pelatihan peningkatan mutu guru.