View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Metode Tikrar Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits

Thumbnail
View/Open
MUHAMMAD AVINAS APRIADI CAESAR.docx (16.73Kb)
Date
2022-12-14
Author
Apriadi Caesar, Muhammad Avinas
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK MUHAMMAD AVINAS APRIADI CAESAR, 2022, “Pengaruh Metode Tikrar Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. H. Muhammad Kusasi, M.Pd dan Bapak Abdul Razak, M. Pd. Latar belakang masalah dari penelitian ini yakni, metode yang digunakan pada saat pembelajaran al-Qur’an hadits kurang adanya kolaborasi dengan metode lain sehingga membuat siswa pada saat pembelajaran berlangsung mengalami rasa bosan yang bisa membuat rasa bosan tersebut berdampak kepada hasil nilai belajaran, selain itu mata pelajaran al-Qur’an hadits terdapat beberapa pembahasan ayar-ayat al-Qur’an yang tercantum di setiap bab, oleh karena itu kurang nya hafalan membuat pembelajaran kurang berkesan. Oleh karena itu peneliti menguji seberapa besar pengaruh metode tikrar terhadap kemampuan menghafal ayat al-Qur’an pada mata pelajaran al-Qur’an hadits di MTs Al-Misra Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sebagai jenis penelitian eksperimen dengan jumlah populasi 144 siswa dan sampel sebanyak 72 siswa yang berasal dari kelas IX A sebagai kelas eksperimen dan kelas IX B sebagai kelas kontrol teknik pengumpulan data yang digunakan ialah tes tulis dan tes lisan (setoran hafalan) sedangkan teknik analisis data menggunakan uji Z. Dari hasil tes instrument, jumlah instrument dari 30 soal yang valid berjumlah 22, dan 22 item soal bersifat reliabel. Instrument juga berdistribusi normal yang menunjukkan nilai signifikansi pada kolom kolmogrov-smirnov ≥ 0,05, dan juga bersifat homogen yang menunjukkan nilai Sig. ≥ 0,05. Dari hasil perhitungan uji z menampilkan hasil yakni, Zhitung ≥ Ztabel dan nilai Sig. (2-tailed) menunjukkan 0,000 ≤ 0,05 yang dapat disimpulkan bahwa Ho di tolak dan Ha diterima, yakni metode tikrar berpengaruh terhadap kemampuan menghafal al-Qur’an pada mata pelajaran al-Qur’an hadits di MTs Al-Misra Samarinda.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4248
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [868]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV