dc.description.abstract | ABSTRAK
Annisa Rahmawati, 2024, “Pengaruh Kegiatan Keagamaan Terhadap Kesadaran Religius Siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Plus Melati Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Darwis, M.SI selaku pembimbing I dan Dr. Hj. Titi Kadi, M.Pd.I selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini membahas mengenai beberapa kegiatan keagamaan, salah satunya di sekolah umum terutama SMA Plus Melati Samarinda, karena adanya kesenjangan antara harapan dan kenyataan yang di sekolah tersebut. Hal ini juga dapat dilihat karena banyaknya kegiatan keagamaan, Kemudian kurangnya kontrol dari guru pembimbing kegiatan keagamaan dan belum sepenuhnya berlaku aturan kegiatan keagamaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Kegiatan Keagamaan Terhadap Kesadaran Religius Siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Plus Melati Samarinda.
Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populaasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Plus Melati Samarinda yang berjumlah 95 siswa dengan kategori beragama islam. Kerena jumlah populasi dalam penelitian ini kurang dari 100 orang, maka penelitian ini termasuk penelitian populasi. Adapun teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Untuk teknik keabsahan data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Setelah mendapatkan data, langkah selanjutnya ialah menganalisis data penelitian dimulai dari uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Dilanjutkan dengan analisis uji hipotesis parsial, uji koefisien determinasi, dan regresi linear sederhana menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic 22.
Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini dengan beberapa uji yang telah dilakukan, yaitu terdapat pengaruh kegiatan keagamaan terhadap kesadaran religious siswa di sekolah menengah atas (SMA) Plus Melati Samarinda. Hɑ diterima karena thitung > ttabel, artinya kegiatan keagamaan memiliki pengaruh yang signifikan dalam kesadaran religius. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (r2) mendapatkan nilai 24,9% yang berarti nilai besaran sumbangan pengaruh kegiatan keagamaan terhadap kesadaran religius siswa di sekolah menengah atas (SMA) Plus Melati Samarinda memiliki pengaruh sedang. Sedangkan sisanya, 100% - 24,9% = 75,1% dipengaruhi oleh variabel luar yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kemudian diperjelas oleh hasil uji analisis regresi linear sederhana untuk memprediksi seberapa kenaikan atau penurunan variabel kesadaran religius (Y) yang dipengearuhi oleh variabel kegiatan keagamaan (X) memperoleh nilai persamaan regresi yakni Y = 31,326 + 0,504 + e. | en_US |