dc.description.abstract | ABSTRAK
Sufi Nurdiana 2024. “Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mujahidin Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, di bawah bimbingan bapak Prof. Dr. Muhammad Nasir, M.Ag selaku pembimbing I dan bapak Dr. H. Achmad Ruslan Afendi, M.Ag selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi dari beberapa kendala yang terjadi di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mujahidin Samarinda pada mata pelajaran Al-Quran Hadits di kelas IV dan V. Peneliti menemukan sebuah kendala dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits yakni masih ada siswa yang belum bisa mengaji atau membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, terdapat beberapa siswa yang masih rendah minat belajarnya sehingga menyebabkan siswa tersebut tidak paham ketika guru menjelaskan materi, masih terdapat diantara mereka yang berbicara dengan temannya ketika guru menyampaikan materi, ada juga siswa yang kesulitan saat menghafal surah-surah pendek didalam AlQuran dan membaca Hadits dalam buku pelajaran. Maka dari itu peneliti bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran Al-Qur’an Hadits dan faktor apa yang mempengaruhi pembelajaran Al-Qur’an Hadits khususnya pada kelas IV dan V di MI Al-Mujahidin Samarinda.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data guru Al-Qur’an Hadits, Kepala Madrasah serta siswa kelas IV dan V MI Al-Mujahidin Samarinda, data diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MI-Al-Mujahidin Samarinda pada proses pembelajaran yaitu: Perencanaan pembelajaran berupa penyusunan modul ajar, silabus dan bahan ajar, pelaksanaan pembelajaran guru (menyampaikan materi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan, metode dan media pembelajaran), penilaian hasil pembelajaran (evaluasi pembelajaran) untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa. Berikutnya faktor yang mempengaruhi pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MI AlMujahidin Samarinda yaitu sebagai berikut: Faktor internal yaitu faktor kondisi kesehatan (fisik) dan minat belajar, dan faktor eksternal yaitu faktor yang ada dari luar diri siswa seperti lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat. | en_US |