Nilai-Nilai Agama dan Moral Terkandung dalam film Animasi Nussa dan Rara pada Usia 5-6 Tahun di Tk Islamic Center
Abstract
ABSTRAK
Sindy Sisylia, 2024. “Nilai-Nilai Agama dan Moral Terkandung dalam film Animasi Nussa dan Rara pada Usia 5-6 Tahun di Tk Islamic Center. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh ibu Dr. Hj, Robingatin, M. Ag dan ibu Amalia Nur Aini, M.Pd
Animasi Nussa dan Rara banyak dilakukan dalam pembelajaran edukasi animasi Nussa dan Rara. Pembelajaran edukasi Film Nussa dan Rara melibatkan anak secara langsung dan apa saja nilai-nilai agama dan moral yang terkandung dalam film animasi Nussa dan Rara di TK Islamic Center dan apa saja factor pendukung dan faktor penghambat dalam menerapkan nilai-nilai agama dan moral yang terkandung dalam film animasi Nussa dan Rara di TK Islamic Center.
Metode Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deksriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang yang perilaku diamati. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas Abdul Rasyid B. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan langkah kerja Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penerikan keseimpulan.
Hasil penelitian nilai-nilai agama dan moral yang terkandung dalam film animasi Nussa dan Rara pada usia 5-6 tahun di TK Islamic Center Samarinda yang dilakukan dengan mengetahui apa kah yang terkandung dalam film animasi Nussa dan Rara yang menerapakan menayangkan film animasi Nussa dan Rara selama 3 hari berturut-turut yang berjudul adab minta ijin, adab menasehati dan kak Nussa. nilai-nilai agama dan moral yang terkandung dalam film animasi Nussa dan Rara adalah pada perkembangan berperilaku juju, sopan, hormat, sportif, tolong menolong, kreatif, bertanggung jawab dan kerja keras. faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menerapkan nilai-nilai agama dan moral yang terkandung dalam film animasi Nussa dan Rara yaitu kelengkapan saran dan prasarana yang ada disekolah media atau alat dan bahan, pembelajaran edukasi suasana kelas, laptop kurang besar layar terlalu kecil dan waktu yang terbatas.