Show simple item record

dc.contributor.authorAdysti, Nidya Lara
dc.date.accessioned2024-04-29T02:47:00Z
dc.date.available2024-04-29T02:47:00Z
dc.date.issued2024-02-20
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4265
dc.description.abstractABSTRAK Nidya Lara Adysti, 2023. “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Al-Qur‟an Hadis Siswa Kelas XII SMA Nabil Husein Samarinda”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. Zurqoni, M.Ag selaku pembimbing I dan Rumainur, M.Pd.I selaku pembimbing II. Penelitian ini didasari keadaan dalam pembelajaran siswa kelas XII di SMA Nabil Husein Samarinda yang terkadang bersikap kurang aktif, dalam suatu pembelajaran tidak sedikit siswa yang takut berbicara menyampaikan pendapat di hadapan teman kelasnya. Oleh sebab itu supaya dapat mengoptimalkan pembelajaran perlunya model pembelajaran yang mampu mendorong motivasi siswa serta melibatkan siswa supaya aktif dan giat di dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran al-quran hadis siswa kelas XII SMA Nabil Husein Samarinda. Penelitian ini menerapkan metode quasi eksperimen dan desain penelitiannya yaitu non-equivalent control group design. Dimana XII MIPA 3 sebagai kelas control dan XII MIPA 2 kelas eksperimen, dengan jumlah siswa yaitu 34 siswa kelas XII MIPA 3 dan 33 siswa kelas XII MIPA 2. Kemudian dilakukan uji instrumen terlebih dulu di Kelas XII MIPA 1 untuk menguji validitas butir angket. Dengan hasil uji instrumen tersebut didapat 10 butir angket model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dan 11 butir angket motivasi belajar yang valid serta reliabel. Sementara itu, teknik pengkajian data yang diterapkan pada penelitian ini yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Pengujian data menggunakan IBM SPSS versi 29. Dari penelitian hasil yang didapatkan dari pelaksanaan model pembelajaran tongkat berbicara atau talking stick ialah cukup efektif pada motivasi belajar siswa kelas XII SMA Nabil Husein Samarinda. Hal ini tersebut didukung oleh hasil n-gain yaitu rata-rata kelas kontrol 30.30% sedangkan kelas eksperimen 57.13% dan hasil uji dari paired sample t-test dimana diperoleh nilai pair 1 Sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05 dan pada pair 2 sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05 jadi dapat disimpulkan bahwasanya Ho ditolak Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan dan menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe talking stick cukup efektif dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran al-qur’an hadis siswa kelas XII SMA Nabil Husein Samarinda.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatif, Tipe Talking Stick, Motivasi Belajaren_US
dc.titleEfektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Al-Qur‟an Hadis Siswa Kelas XII SMA Nabil Husein Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record