Hubungan Media Pembelajaran Audiovisual Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas IV SD Islam Al-Hikmah Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Atik Nur Riyasati, 2023. “Hubungan Media Pembelajaran Audiovisual Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas IV SD Islam Al-Hikmah Samarinda”. Skripsi, Program Studi PAI (Pendidikan Agama Islam), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Dibimbing oleh Dr. Husni Idris, M.Pd. sebagai Dosen Pembimbing Pertama dan Dr. Agus Setiawan, M.Pd.I. sebagai Dosen Pembimbing Kedua.
Penelitian ini berangkat dari latar belakang media dan teknologi yang berkembang pesat dalam dunia pendidikan dan kegiatan pembelajaran. Media audiovisual merupakan perangkat yang memiliki hubungan dengan motivasi belajar melalui siaran visual bergerak. Sehingga, tujuan dalam studi ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara media pembelajaran audiovisual dengan motivasi belajar khususnya pada penerapannya dalam mata pelajaran SKI. Sebagai langkah ilmiah, penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan sampel berjumlah 72 siswa yang merupakan jumlah populasi siswa Kelas IV SD Islam Al-Hikmah Samarinda atau dapat disebut sebagai penelitian populasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Dalam menguji keabsahan data, peneliti menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, dan linearitas. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment, uji regresi linear sederhana, kodefisien determinasi, dan uji t.
Hasil uji korelasi ditemukan sebesar 0.305 dengan interpretasi nilai r berada pada skala 0.200 – 0.399 yang berarti variabel X dan Y memiliki hubungan, kemudian pada hasil uji koefisien determinasi didapatkan nilai R Square sebesar 0.093 yang diartikan bahwa pengaruh media audio-visual (variabel X) terhadap motivasi belajar (variabel Y) adalah sebesar 0.93%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Perhitungan thitung dengan taraf signifikansi 1%, ditemukan bahwa nilai thitung sebesar 1.894 dan nilai ttabel sebesar 1.689. Nilai thitung > ttabel yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa variabel X memiliki pengaruh terhadap variabel Y atau ada hubungan antara media pembelajaran audiovisual (X) dengan motivasi belajar siswa (Y) pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas IV SD Islam Al-Hikmah Samarinda.