Show simple item record

dc.contributor.authorAmri, Ahmad Syaiful
dc.date.accessioned2024-05-02T02:34:06Z
dc.date.available2024-05-02T02:34:06Z
dc.date.issued2023-10-10
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4271
dc.description.abstractABSTRAK Ahmad Syaiful Amri, 2023. Penggunaan Google Search Sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Prodi PAI Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan UINSI Samarinda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Wahdatun Nisa, M.A selaku pembimbing I dan Abdul Basith, M. Pd selaku pembimbing II. Latar belakang penelitian ini membahas tentang era digital yang semakin maju dengan penggunaan google search sebagai sumber belajar telah menjadi gejala yang semakin umum di kalangan mahasiswa di berbagai institusi pendidikan tinggi. Beberapa aspek penting yang mendukung urgensi penelitian ini bisa terlihat jelas seperti dari perubahan paradigma pendidikan, dengan mahasiswa sekarang memiliki akses tak terbatas ke informasi materi pelajaran baik dari jurnal ilmiah, artikel penelitian,buku panduan dan sumber belajar lainnya melalui sumber daya pendidikan yaitui google search. Penggunaan google search juga memberikan mahasiswa fleksibilitas untuk mempelajari topik tertentu sesuai dengan jadwal mereka sendiri, yang dapat meningkatkan kemandirian dan pengaturan waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat penggunaan dan pemanfaatan google search oleh mahasiswa sebagai sumber belajar dengan cara melihat penyebab dan strategi mahasiswa dalam menggunakan google search sebagai sumber belajar. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini merupakan metode penelitian Kualitatif, dan pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif. Sedangkan jenis penelitiannya merupakan penelitian lapangan (Field Research). Pengumpulan data-data diperoleh dari observasi, wawancara secara mendalam, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam sebanyak 35 mahasiswa. Adapun uji keabsahan data melalui triangulasi sumber data dan teknik. Di samping itu, analisis data menggunakan tahapan dengan aktivitas analisa data berkenan empat tahapan yakni, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa menggunakan google search untuk mengakses referensi yang mereka butuhkan dengan mudah dan menghemat lebih banyak waktu. Kemudian google search juga menyediakan kemudahan akses semua informasi yang di butuhkan dan bisa di akses dimana dan kapan saja. Dan dengan google search mahasiswa dapat dengan mudah menemukan ayat Al-Qur’an maupun hadist yang berhubungan dengan materi yang di perlajari serta di google search para mahasiswa juga dapat dengan mudah menemukan referensi buku yang sedang mereka pelajari. Dan juga mahasiswa telah mengaplikasikan teori tentang etika mengutip sumber belajar dimana mahasiswa selalu mencantumkan sumber ketika mereka mengutip referensi.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectGoogle Search, Sumber Belajar, Mahasiswa Prodi PAIen_US
dc.titlePenggunaan Google Search Sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Prodi PAI Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan UINSI Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record