dc.description.abstract | ABSTRAK
Mely Setiya Wati, 2024, “Hubungan Pembelajaran Akidah Akhlak dengan Perilaku Peserta Didik di MI Ash-Shobirin Samarinda”. Program studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini di bombing oleh Bapak Prof. Dr. Zamroni, M.Pd. selaku pembimbing I dan Bapak Dr. H. Achmad Ruslan Afendi, M.Ag. selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pembelajaran akidah akhlak dengan perilaku peserta didik. Pembelajaran akidah akhlak memberikan arahan atau bimbingan kepada peserta didik dengan merujuk kepada nilai ajaran agama Islam agar peserta didik memiliki tingkah laku sesuai dengan arahan yang diajarkan kepada peserta didik. Pembelajaran akidah akhlak memiliki tujuan untuk membentuk dan membina perilaku peserta didik yang beriman kepada Allah dan melaksanakan perintahnya sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling yang menggunakan pertimbangan tertentu terhadap sampel yang berjumlah 23 siswa kelas IVA responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, angket, dan dokumentasi, sedangkan teknik uji coba instrumen terdiri dari dua bagian yaitu uji validitas dan reliabilitas. Kemudian data penelitian di analisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan uji prasyarat yang didalamnya terdapat uji normalitas, uji linieritas, dan teknik uji hipotesis yang menggunakan uji statistik korelasi pearson product momen, dengan menggunakan bantuan software SPSS 23.
Berdasarkan hasil analisis data statistik deskriptif diperoleh nilai tertinggi dan terendah untuk pelajaran akidah akhlak yaitu tertinggi 109 dan terendah 92 dengan nilai rata-rata 99.09. Sedangkan nilai untuk perilaku peserta didik diperoleh skor tertinggi 52 dan terendah 48 dengan rata-rata 50.00. Selanjutnya dilakukan uji normalitas dengan menggunakan Shapiro Wilk diketahui signifikansi pembelajaran akidah akhlak 0.322 > 0.05 dan nilai signifikansi perilaku peserta didik 0.057 > 0.05 dapat disimpulkan nilai residual kedua variabel berdistribusi normal. Hasil uji linieritas dapat diketahui bahwa signifikan 0.652 > 0.05 yang artinya terdapat hubungan linear yang signifikan antara hasil variabel pembelajaran akidah akhlak dengan perilaku peserta didik. Setelah itu dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji statistik korelasi pearson product momen hasil perolehan 0.614, maka dapat diketahui dari tabel interpretasi pada tingkat hubungan 0.614-0.799 berarti berada pada korelasi tingkat hubungan kuat. | en_US |