dc.description.abstract | ABSTRAK
Hendri Yanto, “Hubungan Pembelajaran Fikih Dengan Pemahaman Ibadah Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Ihsan Samarinda”, 2023. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini di bimbing oleh Drs. H. M. Said Husin, MA selaku pembimbing I dan Dr. Badrut Tamam, M. Pd. I selaku pembimbing II.
Pembelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Ihsan Samarinda masih belum berjalan dengan baik. Terdapat beberapa siswa yang masih kurang berani bertanya atau mengeluarkan pendapat. Sebagian yang lain masih kurang memperhatikan atau mendengarkan disertai berbicara dengan teman. Sementara sebagian yang lain terlihat tidak bersemangat dan mengantuk pada saat pembelajaran Fikih berlangsung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara pembelajaran Fikih dengan pemahaman Ibadah siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Ihsan Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang datanya dideskripsikan dalam bentuk angka-angka dan dihasilkan melalui perhitungan dengan rumus statistika. Populasi yang berjumlah 129 siswa dan sampel penelitian sebanyak 64 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Uji keabsahan data menggunakan uji validitas dan realibilitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket atau kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data menggunakan uji koefisien korelasi dan uji hipotesis.
Hasil dari analisis uji korelasi dengan nilai pearson correlation 0,143 yang berarti bahwa hubungan antar variabel pembelajaran Fikih (X) dan variable pemahaman Ibadah siswa (Y) ada pada kategori sangat rendah. Sesuai dengan tabel interval koefisien yaitu bila interval koefisien 0,00-0,199 berarti hubungan variabel pembelajaran Fikih (X) dan pemahaman Ibadah siswa (Y) yaitu sangat lemah. Selanjutnya yaitu menggunakan uji t diperoleh nilai signifikansi 0,259 > 0,05 dan thitung sebesar 1,139 < ttabel 1,669. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa Ha ditolak dan Ho diterima, yang berarti tidak terdapat hubungan yang siginifikan antara pembelajaran fikih dengan pemahaman ibadah siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Ihsan Samarinda. | en_US |