dc.description.abstract | ABSTRAK
Musdalifah, 2024,“ Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Ar-Raudhah Samarinda”, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Imroh Atul Musfiroh, M.Pd.I sebagai pembimbing I dan Ibu Kiki Maharani, M.Pd sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa permasalahan yang terjadi di Madrasah Ibtidaiyah Ar-Raudhah Samarinda yaitu masih ditemukan kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih, peserta didik mengalami kesulitan dalam mengulangi materi pembelajaran serta mengalami kesulitan belajar pada materi praktik ibadah yaitu, sholat dan hapalan-hapalan, peserta didik masih banyak salah dalam gerakan ketika sholat peserta didik juga kesulitan dalam hapalan doa-doa, dan ditemukan juga permasalahan prestasi belajar mata pelajaran fiqih masih rendah di buktikan hasil ulangan ada yang belum berhasil mendapatkan nilai 70 sebagai KKM yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didk pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Ar-Raudhah Samarinda, dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Ar-Raudhah Samarinda.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, meliputi: Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Data primer data ini diperoleh langsung dari kepala sekolah, guru dan peserta didik sedangkan data sekunder ini diperoleh dari dokumen, observasi, data seperti RPP serta penelitian terdahulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam menguji keabsahan data yaitu triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami yakni peserta didik kurang bersemangat dan memperhatikan pelajaran fiqih, daya serap peserta didik yang kurang, kesulitan membaca, kesulitan dalam menulis, rendahnya motivasi dan minat peserta didik serta kurangnya konsentrasi. Upaya yang dilakukan yaitu memilih dan menggunakan metode yang sesuai, merangkum materi pelajaran, memunculkan minat dan memberikan motivasi kepada peserta didik, menggunakan media pembelajaran yang berbasis audio visual, koordinasi guru dengan oang tua ,melakukan program remedial. Adapun faktor-faktor kesulitan belajar yang dialami peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Ar-Raudhah Samarinda yaitu kurangnya minat baca peserta didik, kurangnya kesadaran peserta didik akan pentingnya belajar, tidak memiliki sumber belajar, pola asuh orang tua dimana orang tua peserta didik memberi perhatian belajar untuk anaknya karena sibuk dengan pekerjaan dan menyerahkan sepenuhnya pendidikan anaknya kepada sekolah dan keadaan kelas yang tidak kondusif. | en_US |