Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Habituasi Kedisiplinan Membaca Al-Qur’an Siswa SMK Plus Melati Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Muhamad Rinaldi Rasid,2023. “ Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Habituasi Kedisiplinan Membaca Al-Qur’an Siswa SMK Plus Melati Samarinda”. Skripsi, Program Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda, Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Noorthaibah, M. Ag dan Dr. Siti Maulidah, M. Pd
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh program membaca Al-Qur’an kepada siswa dan siswi di SMK Plus Melati Samarinda, akan tetapi dalam pengamatan sekilas program tersebut belum berjalan dengan sempurna, dikarenakan kurangnya kebiasaan kedisiplinan siswa dalam mengikuti program tersebut. Sehingga jalanya program membaca Al-qur’an memiliki kendala. Terdapat peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk habituasi kedisiplinan membaca Al-Qur’an di SMK Plus Melati Samarinda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Pembentukan Habituasi Kedisiplinan dalam membaca Al-Qur’an Siswa di SMK Plus Melati Samarinda dan untuk mengetahui bagaimana peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan kebiasaan kedisiplinan membaca Al-Qur’an pada Siswa di SMK Plus Melati Samarinda.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan kepala sekolah, Wakil kepala sekolah bidang kurikulum (waka kurikulum), serta guru PAI di SMK Plus Melati Samarinda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pembentukan habituasi kedisiplinan membaca Al-Qur’an di laksankan setiap hari senin sampai dengan jum’at di waktu pagi hari jam 07.45-08.00 pagi sebelum pelajaran di mulai, dimana guru mengajak siswa untuk pergi ke musolla untuk melaksanakan program tersebut. Program ini berdampak positif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an serta membentuk karakter sosial dan kebiasaan siswa. Meskipun demikian, terdapat kendala dalam bentuk kurangnya partisipasi siswa. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam proses pembentukan habituasi membaca Al – Qur’an siswa yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam adalah guru sebagai pendidik, pengajar dan pembimbing, penasehat, model dan teladan. Pengaruh terbesar dalam perubahan habituasi siswa baik disekolah maupun diluar sekolah adalah dari guru. Guru pendidikan agama Islam mempunyai tanggung jawab tersendiri selain materi pembelajaran yaitu kedalam kesehariannya berupa perilaku/kebiasaan siswa. Peran guru PAI sangat penting dalam memastikan keberhasilan program ini .