View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pemanfaatan Masjid Sebagai Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Di SMK Plus Melati Samarinda

Thumbnail
View/Open
Alfridho Pramuzidan Satria Mustofa.docx (15.59Kb)
Date
2023-11-27
Author
Satria Mustofa, Alfridho Pramuzidan
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Alfridho Pramuzidan Satria Mustofa,2023. “Pemanfaatan Masjid Sebagai Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Di SMK Plus Melati Samarinda”. Skripsi, Program Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda, Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Noorthaibah, M.Ag dan Dr. Sabran, M.Pd Tujuan untuk penelitian ini adalah bahwa di SMK Plus Melati Samarinda peneliti menemukan adanya program – program keagamaan di Sekolah yaitu sholat dhuha, sholat dzuhur, mengaji, santunan anak yatim dan acara hari besar islam. Disini peneliti ingin mengetahui pemanfaatan masjid sebagai sumber belajar pai di dalam program keagamaan yang di laksanakan. dan apa saja faktor penghambat dan pendukung program yang dilakukan dalam pemanfaatan masjid sebagai sumber belajar pai di SMK Plus Melati Samarinda. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan : Untuk mengetahui pemanfaatan masjid sebagai sumber belajar Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan karakter religious siswa di Masjid SMK Plus Melati Samarinda. Untuk mengetahui factor-faktor penghambat dalam pemanfaatan masjid sebagai sumber belajar Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa di Masjid SMK Plus Melati Samarinda Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Mengenai teknik analisis data dalam penelitian ini ialah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data ditemukan (1) Sebelum memulai pembelajaran di kelas dimulai guru membimbing para siswa untuk melaksanakan sholat dhuha berjamaah, mengaji dan pembacaan literasi dan perlu adanya persiapan baik guru maupun peserta didik. (2) Pemanfaatan masjid di SMK Plus Melati dalam pembelajaran guru PAI memanfaatkan masjid. (3)SMK Plus Melati Diketahui memanfaatan masjid guna Meningkatkan Karakter Religius Siswa di SMK Plus Melati Samarinda.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4304
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [868]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV