Pengaruh Metode Cooperative Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 8 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Andre Rikza Firnanda, 2023. “Pengaruh Metode Cooperative Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 8 Samarinda“. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh bapak Khojir, M.SI, dan ibu Kiki Maharani M.Pd.
Latar belakang penelitian ini ialah terkait dengan mata pelajaran pendidikan agama Islam yang tentunya juga memerlukan metode yang tepat agar tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan baik, oleh karena itu sebelum mengajar seorang guru harus memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan materi. Melihat betapa pentingnya pendidikan agama Islam, gairah proses belajar dan semangat pencapaian prestasi belajar tergantung pada pembiasaan sehari-hari atas kehidupan yang terjadi antara guru dan peserta didiknya di dalam kelas. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam yakni metode cooperative learning, penggunaan metode ini dapat dikatakan berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dikarenakan dapat menarik perhatian siswa untuk aktif dalam belajar. Tujuan penelitian ini yakni ingin mengetahui pengaruh metode cooperative learning terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMKN 8 Samarinda.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian di SMKN 8 Samarinda. Dengan jumlah populasi 72 siswa, penelitian ini menggunakan penelitian populasi dimana keseluruhan siswa diambil menjadi objek penelitian, Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji regresi linier sederhana, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penerapan Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode cooperative learning berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Dari hasil analisis maka hasil pengujian regresi linier sederhana dan memperoleh hasil fhitung 48,233 > ftabel sebesar 3,980 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, adapun nilai korelasi atau hubungan nilai R sebesar 0,639, maka diketahui pengaruhnya berada pada tingkat cukup. Kemudian nilai koefisien determinasi dapat diketahui dari tabel adjusted R square, dimana nilai adjusted r square sebesar 0,399, yang berarti bahwa terdapat pengaruh metode cooperative learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI sebesar 40%. Sedangkan 60% hasil belajar PAI dipengaruhi oleh variabel lain