dc.description.abstract | ABSTRAK
Darmawati, 2024 “Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al-Mujahidin 1 Samarinda”. Skripsi Jurusan Pendidikan Islam. Program studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. Ahmad Riyadi, S. S., M.Hum selaku pembimbing I dan Ibu Atika Muliyandari, M. Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa guru pada mata pelajaran SKI di MTs Al-Mujahidin 1 Samarinda mengungkapkan bahwa dengan metode mind mapping dapat membantu peserta didiknya (meskipun tidak banyak) dalam mengingat dan memahami pelajaran karena mereka sudah menuliskan poin-poin penting dari materi yang disampaikan. Namun, dari yang peneliti lihat masih banyak peserta didik yang kurang menguasai materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar kecilnya pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al-Mujahidin 1 Samarinda.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Dengan populasi 95 peserta didik dan sampel 33 peserta didik (purposive sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuisioner, tes dan dokumentasi. Teknik uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis data peneliti memakai uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, uji korelasi produk moment, uji koefisien determinan dan uji t (hipotesis). Berdasarkan hasil uji analisis data yang sudah peneliti lakukan maka mendapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh positif antara metode mind mapping dengan hasil belajar mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Al-Mujahidin 1 Samarinda sebesar 0,869 dan bila dilihat dari tabel interpretasi r berada di antara 0,70-0,90 (kategori kuat). Sedangkan koefisien determinan sebesar 0,755 atau 75,5% dan sisanya 24,5% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diketahui. Pembuktian hipotesis dengan menguji signifikansinya menggunakan rumus uji t dengan hasil 9,777 > 1,697 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara metode mind mapping dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTs Al-Mujahidin 1 Samarinda. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. | en_US |