Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Di SMA Vidatra Kota Bontang
Abstract
ABSTRAK
Ade Puji Oktavian, 2023. “Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Di SMA Vidatra Kota Bontang”. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penulisan skripsi ini di bawah bimbingan bapak Dr. Rusdi, S.Ag., M.Si selaku pembimbing I dan ibu Yunita Noor Azizah, M.Pd.I selaku pembimbing II.
Al-Qur’an merupakan mukjizat terbesar yang Allah Swt turunkan kepada Rasulullah Saw. Untuk menjaga kemurnian dan kelestariannya belajar dan mengajarkan Al-Qur’an sangat diwajibkan bagi umat Islam baik di lingkup keluarga maupun di lingkup sekolah. SMA Vidatra Kota Bontang merupakan sekolah umum dimana siswa-siswinya terdiri dari berbagai macam agama dan kepercayaan yang berbeda, akan tetapi SMA Vidatra Bontang mampu melaksanakan pembelajaran Al-Qur’an yang dikemas sebagai mata pelajaran Tahfidz Al-Qur’an dan wajib diikuti bagi siswa-siswi kelas X (sepuluh) dan XI (sebelas) yang beragama Islam. Pelaksanaan pembelajaran tahfidz ini bertujuan agar para peserta didik yang beragama Islam dapat mengetahui dan memahami lebih banyak ilmu tentang Al-Qur’an serta dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui problematika pelaksanaan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di SMA Vidatra Kota Bontang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini yang menjadi sumber data primer adalah guru tahfidz AlQur’an, Kepala Sekolah, dan siswa-siswi kelas X (sepuluh) dan XI (sebelas) yang beragama islam di SMA Vidatra Bontang. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah dengan menguraikan hasil wawancara yang diperoleh dari narasumber dengan cara kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di SMA Vidatra Kota Bontang masih mengalami beberapa problematika seperti, kurangnya alokasi waktu pelajaran, kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran tahfidz, kurangnya motivasi siswa dalam belajar, serta kurangnya tenaga pengajar tahfidz. Kemudian untuk mengatasi problematika tersebut SMA Vidatra meberikan solusi atau upaya agar pelaksanaan pembelajaran tahfidz dapat berjalan dengan baik dan maksimal yaitu memberikan fasilitas pembelajaran yang terbaik, guru mengajar dengan metode bervariasi agar siswa tidak merasa bosan dan jenuh, guru memberikan motivasi dan nasihat agar siswa menjadi semangat dalam mengikuti proses pembelajaran tahfidz, kemudian melakukan evaluasi untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran tahfidz Al-Qur’an.