Implementasi Moderasi Beragama Dalam Meningkatkan Sikap Toleransi Antar Siswa di SMPN 7 Bontang
Abstract
ABSTRAK
Mochamad Fikran Al Charis, 2023. Implementasi Moderasi Beragama Dalam Meningkatkan Sikap Toleransi Antar Siswa di SMPN 7 Bontang, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Husni Idris, M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. Agus Setiawan, M.Pd selaku pembimbing II.
SMPN 7 Bontang ini memiliki letak lingkungan yang strategis yaitu berada di sekitar pasar dan rumah rusun yang dimana kondisi tempat yang seperti ini tentunya ada berbagai macam, suku, ras, dan agama yang berbeda. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk meneliti tentang kondisi yang ada seperti ini dan serta melihat pengimplementasian moderasi beragama dalam meningkatkan sikap toleransi yang dilakukan oleh para siswa. SMPN 7 Bontang ini memiliki beberapa siswa dengan agama yang berbeda tentunya ini juga menjadi fokus penelitian yang dilakukan oleh peneliti untuk melihat pengimplementasian moderasi beragama dalam menciptakan toleransi yang ada di sekolah ini tentunya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pengimplementasian nilai-nilai moderasi beragama serta mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat proses pelaksanaan moderasi beragama dalam meningkatkan toleransi antar siswa.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ialah, Kepala Sekolah, Kesiswaan, Guru Agama Islam, Guru Agama Kristen, Dan siswa SMPN 7 Bontang. Kemudian Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi serta hasil penelitian yang lebih menekankan makna dibandingkan generalisasi. Adapun Teknik Keabsahan data peneliti menggunakan Triangulasi sumber dan Triangulasi Teknik. Kemudian Teknik Analisis data yang di gunakan oleh peneliti menggunakan Kondensasi data, Penyajian data, dan Kesimpulan dan verifikasi
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pengimplementasian moderasi beragama dalam menciptakan sikap toleransi antar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Bontang ini telah dilakukan beberapa upaya oleh berbagai pihak yang terkait untuk menciptakan nilai-nilai toleran dengan mengadakan perayaan hari-hari besar Islam serta dengan memberikan kelas khusus kepada teman-teman yang beragama non muslim ini saat mata pelajaran agama islam. Dalam upaya ini tentunya ada pengoptimalan pelaksanaan moderasi beragama seperti berdo’a sebelum melakukan aktivitas pembelajaran. Adapun Implikasi nilai-nilai moderasi beragama tersebut dapat dilihat dari pemahaman dan pengamalan dari sikap adil, seimbang, terpatrinya komitmen kebangsaan, toleransi, sikap anti radikalisme dan kekerasan, serta akomodatif terhadap kebudayaan lokal dalam kehidupan sehari-hari.