Pengaruh Consumer Animosity, Intrinsic Religious Motivation, dan Sikap Terhadap Boikot Produk Israel Pada Pola Konsumsi Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Irwan. 2024. Pengaruh Consumer Animosity, Intrinsic Religious Motivation, dan Sikap Terhadap Boikot Produk Israel Pada Pola Konsumsi Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Skripsi, Jurusan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Mifathur Ridho, M.Si dan Amirullah, M.Ud.
Penelitian diawali dengan adanya eskalasi konflik antara Palestina dan Israel di wilayah Gaza pada 7 Oktober 2023, yang memicu munculnya seruan boikot pada produk Israel. Seiring dengan itu, muncul pertanyaan apakah boikot ini memiliki dampak atau efek pada aktivitas ekonomi. Dampak boikot pada aktivitas ekonomi yang menjadi objek penelitian ini adalah pola konsumsi mahasiswa UINSI Samarinda. Hal ini didasarkan pada pemahaman bahwa keputusan untuk membeli dan mengonsumsi merupakan cara yang paling jelas bagi konsumen dalam mengekspresikan pilihan moral mereka. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk menjawab apakah dengan adanya isu boikot produk Israel berpengaruh terhadap pola konsumsi mahasiswa UINSI Samarinda.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan pada 99 responden mahasiswa aktif Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Samarinda angkatan 2017-2023. Teknik pengumpulan data dengan instrumen penelitian berupa kuesioner dengan skala pengukuran menggunakan skala Likert. Data yang terkumpul kemudian di uji dengan teknik analisis data regresi linier berganda menggunakan bantuan program IBM SPSS Statistics 27.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan Hasil uji hipotesis secara parsial bahwa dari tiga variabel independen, yaitu consumer animosity, intrinsic religious motivation, dan sikap terhadap boikot, terdapat satu variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap pola konsumsi mahasiswa UniversitasIslam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, yaitu variabel Sikap Terhadap Boikot. Adapun secara simultan, ketiga variabel independen secara bersamaan berpengaruh terhadap pola konsumsi mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Samarinda.