Pengaruh Public Speaking Guru Sejarah Kebudayaan Islam Terhadap Konsentrasi Belajar Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Herofuat Abdul Rozaq, 2024. “Pengaruh Public Speaking Guru Sejarah Kebudayaan Islam Terhadap Konsentrasi Belajar Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Program Sarjana (S1), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Akhmad Muadin, M.Pd sebagai pembimbing I dan Ibu Dr. Khusnul Khotimah, M.Si sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang seringkali mengalamigangguan konsentrasi dalam belajar di kelas. Konsentrasi belajar yang baik menjadi tolak ukur dalam menentukan kualitas pengajaran yang diberikan oleh guru kepada siswa. Dalam penerapannya, guru dituntut untuk berkomunikasi dengan baik agar pesan yang ingin disampaikan kepada siswa dapat diterima dengan baik. Guru Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik, terlihat dari penggunaan tutur kata, perubahan intonasi sesuai dengan konteks materi yang disampaikan serta keterampilan penggunaan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa sehingga hal ini memicu semangat belajar siswa yang tinggi. Namun didapati pada kelas VIII hanya sebagian besar siswa yang terlihat fokus, aktif bertanya dan memberikan respon, serta tetap dalam keadaan kondusif di dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar pengaruh kemampuan public speaking yang diberikan oleh guru Sejarah Kebudayaan Islam terhadap konsentrasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Asosiatif Kausal dengan populasi berjumlah 347 siswa. Teknik sampling menggunakan simple random sampling dan menggunakan rumus Slovin sehingga didapatkan 186 sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Pada penelitian ini digunakan uji validitas dan reliabilitas untuk menguji keabsahan data, terdapat uji korelasi untuk melihat hubungan antara kedua variabel, uji t untuk menguji hipotesis dan juga uji koefisien determinasi untuk melihat persentase pengaruh.
Berdasarkan hasil uji korelasi menunjukkan bahwa public speaking guru memiliki hubungan yang cukup terhadap konsentrasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda, hal ini dibuktikan berdasarkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai pearson correlation sebesar 0,535 yang berada pada interval 0,400-0,599. Dari hasil uji t, diketahui nilai thitung adalah sebesar 8,601 lebih besar dari ttabel sebesar 1,960, dengan hasil ini maka Ha diterima yakni terdapat pengaruh antara public speaking guru Sejarah Kebudayaan Islam terhadap konsentrasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda, kemudian hasil uji koefisien determinasi diperoleh R2 = 0,287 yang berarti variabel public speaking guru Sejarah Kebudayaan Islam mempengaruhi konsentrasi belajar siswa sebesar 28,7 % sementara sisanya 71,3% dipengaruhi oleh faktor lainnya.