Show simple item record

dc.contributor.authorSalsabila, Aisyah
dc.date.accessioned2024-06-12T01:03:51Z
dc.date.available2024-06-12T01:03:51Z
dc.date.issued2024-04-29
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4411
dc.description.abstractABSTRAK Aisyah Salsabila, 2024. “Hubungan Minat Belajar Dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 1 Samarinda”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Peneliti dibimbing oleh Imroh Atul Musfiroh, M. Pd selaku dosen pembimbing I dan Dr. Khusnul Khotimah, M. Si, selaku dosen pembimbing II. Latar belakang penelitian ini berasal dari problematika guru yang menghadapi berbagai respon belajar yang dimunculkan oleh peserta didik. Prokrastinasi akademik menjadi salah satu tindakan respon belajar yang paling sering dilakukan oleh siswa, dimana seorang prokrastinator terbiasa menunda-nunda tugas yang berakhir pada keterlambatan pengumpulan tugas. Salah satu penyebab prokrastinasi akademik terjadi adalah kurangnya dorongan instristik siswa. Minat belajar yang tinggi mampu memberikan perasaan senang terhadap suatu objek pembelajaran yang menyebabkan siswa memberikan perhatian khusus terhadap tugas belajar yang dimiliki. Siswa MAN 1 Samarinda terindikasi memiliki prokrastinasi akademik khususnya pada mata pelajaran akidah akhlak. Dalam pembelajaran akidah akhlak di madrasah seharusnya berkontribusi memberikan motivasi untuk peserta didik mempelajari dan mengaplikasikan pembiasaan akhlak terpuji, sebaliknya mayoritas siswa kelas X justru mengidikasikan tidak memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin sesuai dengan surah Al- Ashr ayat 1-3. Kebiasaan ini ditunjukkan dari sikap lambat dalam mengerjakan tugas serta memerlukan banyak persiapan untuk mengumpulkan tugas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan signifikan antara minat belajar dengan perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas X yang terjadi pada mata pelajaran akidah akhlak di MAN 1 Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 282 siswa. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 165 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, observasi, wawancara, serta dokumentasi. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji linearitas. Setelah itu dilakukan pengujian hipotesis dengan uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil uji Correlation product moment menunjukkan bahwa dari nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari tingkat signifikansi yang ditentukan (0,05) serta nilai koefisien korelasi sebesar -0,360, artinya terdapat hubungan negatif rendah antara minat belajar dengan perilaku prokrastinasi akademik. Oleh sebab itu, berdasarkan hasil analisis tersebut dinyatakan H_0 ditolak dan H_a diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan negatif dan signifikan antara minat belajar dengan perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas X pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 1 Samarinda.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectMinat Belajar, Perilaku Prokrastinasi, Akademik Siswaen_US
dc.titleHubungan Minat Belajar Dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 1 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record