Show simple item record

dc.contributor.authorTohari, Amin
dc.date.accessioned2024-06-12T05:51:25Z
dc.date.available2024-06-12T05:51:25Z
dc.date.issued2024-05-20
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4420
dc.description.abstractABSTRAK Amin Tohari, 2024, Implementasi Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin dalam Membentuk Sikap Sosial Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda di bawah bimbingan Bapak Muhammad Ridho Muttaqin, S.Pd. I., M.Pd, selaku dosen pembimbing satu dan Ibu Atika Muliyandari, M.Pd selaku dosen pembimbing dua. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sikap sosial yang merupakan salah satu sikap yang perlu diperhatikan. Hal ini disebabkan karena sikap sosial menyangkut interaksi sosial siswa dikemudian harinya. Pertumbuhan sikap sosial yang baik akan membentuk kepribadian seseorang menjadi baik di dalam lingkungan masyarakat. Salah satu usaha yang dijalankan oleh guru dan sekolah dalam membentuk dan memperhatikan sikap sosial siswa melalui Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin yang termuat dalam kurikulum merdeka di madrasah umumnya dan khususnya di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman tentang implementasi profil pelajar rahmatan lil alamin dalam membentuk sikap sosial siswa pada mata pelajaransejarah kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda menjadi fokus utama dalam penelitian ini dan faktor pendukung serta penghambatnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pendekatan ini melibatkan penggunaan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Informan didalam penelitian ini ialah pemimpin madrasah dan instruktur bidang studi SKI, dan siswa/siswi kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah profil pelajar rahmatan lil alamin untuk menumbuhkan sikap sosial siswa dilaksanakan dengan perencanaan berupa analisis capai pembelajaran terlebih dahulu, kemudian dilanjut dengan penyusunan PPRA dengan baik dan benar sesuai dengan kebutuhan siswa. Pelaksanannya dengan memberikan tugas kelompok berupa diskusi dan tugas individu sebagai cerminan sikap bertanggung jawab, jujur dan percaya diri. Setelah selesai berdiskusi, dilanjutkan dengan penguatan yang dibarengi nasihatnasihat yang diselipkan di dalam pembelajaran dan memberikan contoh serta mengajak siswa secara langsung. Evaluasi dilaksanakan oleh guru dengan memberikan siswa link google form atau quiziz sebagai penilaian tertulis serta tanya jawab dan penilaian sejawat sebagai penilaian tidak tertulis. Faktor yang menjadi pendukungnya adalah workshop yang diberikan kepada guru sehingga pemahaman dan penerapan guru tentang implementasi PPRA di dalam pembelajaran berjalan dengan baik, siswa yang mengerjakan evaluasi, dukungan orang tua, lingkungan sekolah dan organisasi atau eskul yang diikuti oleh siswa. Sedangkan faktor penghambatnya ialah siswa yang bersikap pasif dan sulit memahami pembelajaran, pergaulan dan lingkungan sosial siswa ketika berada diluar sekolah.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectImplementasi, Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin, Sikap Sosial Siswa, Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islamen_US
dc.titleImplementasi Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin dalam Membentuk Sikap Sosial Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record