Efektivitas Metode Make A Match Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Di SMAN 7 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Nur Amalia Syahrin, 2024. “Efektivitas Metode Make A Match Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Di SMAN 7 Samarinda”. Skripsi, Porgram Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Unversitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Rumainur, M.Pd.I selaku dosen pembimbing I dan Ibu Dr. Siti Maulidah, M.Pd selaku dosen pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah fenomena rendahnya minat belajar siswa pada saat kegiatan belajar terutama dalam mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti. Hal ini terlihat dari partisipasi siswa yang kurang, kurangnya penekanan pada penjelasan guru, dan pemahaman materi yang kurang optimal serta kurangnya pilihan metode yang bervariasi. Dengan ini maka peneliti tertarik melakukan uji coba untuk menerapkan metode make a match, dikarenakan ada keunggulan yang dimiliki yakni dapat meningkatkan proses belajar serta menciptakan suasana belajar yang membuat siswa senang, selain itu metode make a match juga dapat melatih ketelitian, kecermatan, dan ketepatan serta kecepatan siswa. Tujuannya untuk mengetahui apakah penerapan metode make a match ini efektif dalam meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMA Negeri 7 Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 249 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 62 siswa, terdiri dari 31 siswa kelas kontrol (XI A) dan 31 siswa kelas eksperimen (XI B). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dilanjutkan dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji Independentsample t test dengan menggunakan bantuan program IBM SPSS versi 23.
Hasil analisis data diperoleh nilai 𝑇ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 sebesar 3,519 dan 𝑇𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 sebesar 1,670 maka sebagaimana keputusan uji independent sample t test apabila 𝑇ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑇𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 maka 𝐻𝑎 diterima, artinya metode make a match efektif dalam meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti materi ketentuan pernikahan dalam islam di kelas XI SMA Negeri 7 Samarinda