Penggunaan Media dan Metode Pada Rumpun PAI Di MTs Nurul Islam Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Rhodhiyah, 2024. “Penggunaan Media dan Metode Pada Rumpun PAI Di MTs Nurul Islam Samarinda”. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Peneliti ini dibimbing oleh bapak Dr. Iskandar, M.Ag selaku pembimbing 1 dan ibu Dr. Sri Susmiyati, S.Ag.,M.Pd.I selaku pembimbing 2.
Latar belakang penelitian ini dapat diketahui bahwa penggunaan media dan metode pada rumpun PAI yang terdapat di MTs Nurul Islam Samarinda masih menghadapi persoalan. Persoalan yang terkait dengan penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran rumpun PAI: pertama, sarana dan prasaranan yang menunjang dalam mata pelajaran rumpun PAI masih dalam kategori minim. Hal ini terlihat pada observasi awal dimana terbatasnya media belajar seperti LCD, laptop, media gambar dan media lainnya. Kedua, rendahnya kreativitas guru dalam merancang dan penggunaan media dan penggunaan metode pembelajaran yang dapat menarik minat dan motivasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk. 1) mendeskripsikan penggunaan media dan metode pembelajaran pada rumpun PAI. 2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan media dan metode pembelajaran pada rumpun PAI.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini di lakukan di MTs Nurul Islam Samarinda. sebagai informan dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, WAKA Kurikulum, Guru PAI (akidah akhlak, Guru SKI, Guru Fiqih, dan Guru Qur'an Hadis). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan tringulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penggunaan media dan metode pembelajaran pada rumpun PAI di di MTs Nurul Islam Samarinda berjalan dengan baik hanya saja masih kurang dalam penggunaannya, media dan metode yang digunakan di MTs Nurul Islam samarinda berupa, media cetak, media proyektor/LCD untuk menampilkan video singkat pembelajaran atau slide PPT dan media handphone untuk membantu mata pelajaran SKI. Sedangkan metode yang sering digunakan dalam pembelajaran yaitu, metode ceramah, STAD, praktek, demonstasi, diskusi, dan Games. 2) faktor pendukung dan factor penghambat guru pendidikan agama islam dalam Pengunaan media dan metode adalah, Faktor pendukung, adanya kerjasama dan komunikasi, adanya evaluasi rutin, lingkungan sekolah yang mendukung, kegiatan Ekstrakulikuler. Disisi lain ada faktor penghambat yang juga perlu di perhatikan, yaitu keterbatasan fasilitas, terbatasnya waktu pembelajaran, pengaruh lingkungan yang negatif, seperti pergaulan yang tidak baik, faktor dukungan dari orang tua. Dengan demikian terjawab bahwa penggunaan media dan metode pada rumpun PAI ini terbukti efektif dalam pembelajaran yang saling berkolaborasi antara media dan metode pembelajaran.