dc.description.abstract | ABSTRAK
Ninis, 2024. “Pengaruh Penerapan Literasi Al-Qur’an Terhadap Peningkatan Minat Baca Al-Qur’an Siswa SMP Negeri 36 Samarinda”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam. Jurusan Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Dibawah bimbingan ibu Dr. Hj. Noorthaibah, M.Ag selaku dosen pembimbing I dan Bapak Dr. H. Ahmad Ridani, M.M selaku dosen pembimbing II.
Penerapan literasi al-Qur’an di SMP Negeri 36 Samarinda telah berjalan sejak 2015. Literasi al-Qur’an dilaksanakan selama 15 menit sebelum pembelajaran dimulai. Salah satu siswa sebagai perwakilan memimpin literasi al-Qur’an sedangkan siswa yang lain membaca bersama-sama di dalam kelas. Dari observasi ditemukan bahwa minat baca al-Qur’an siswa tergolong rendah. Hal ini didapat dari kemampuan membaca al-Qur’an siswa yang kurang serta beberapa siswa hanya membaca al-Qur’an ketika literasi al-Qur’an di sekolah. Dari beberapa paparan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh penerapan literasi al-Qur’an terhadap minat baca al-Qur’an siswa SMP Negeri 36 Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan strategi penelitian asosiatif. Penelitian ini menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 36 Samarinda yang berjumlah 427 siswa dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Random Sampling yaitu sampel dipilih secara acak yang dalam penelitian ini diambil dari perwakilan sebanyak 6 orang di setiap kelas dari VII A sampai dengan IX E sehingga total sampel penelitian ini adalah sebanyak 84 siswa. Penelitian ini menggunakan data primer yang pengumpulan datanya menggunakan observasi dan angket. Sedangkan data sekunder pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi. Teknik uji keabsahan data menggunakan uji validitas dan realibilitas. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yang terdiri uji normalitas, uji linearitas, uji analisis statistik deskriptif, uji korelasi product moment, uji regresi linier sederhana (hipotesis), dan uji koefisien determinan.
Berdasarkan hasil uji analisis data diperoleh nilai thitung variabel penerapan literasi al-Qur’an sebesar 7.986 sedangkan nilai ttabel berdasarkan nilai ttabel dalam lampiran sebesar 1.98969 atau thitung = 7.986 > ttabel = 1,98969 dengan taraf signifikansi 5% sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan koefisien determinan sebesar 0,437 yang berarti bahwa pengaruh penerapan literasi al-Qur’an terhadap peningkatan minat baca al-Qur’an siswa sebesar 43,7% yang tergolong pada pengaruh sedang/cukup dan nilai korelasi sebesar 0,661 yang apabila diinterpretasikan tergolong pada pengaruh yang kuat sedangkan 56,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan literasi al-Qur’an berpengaruh positif terhadap peningkatan minat baca al-Qur’an siswa di SMP Negeri 36 Samarinda. | en_US |