Strategi Refleksi Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Patma Yanti, 2024. “Strategi Refleksi Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Husni Idris, M. Pd dan Ibu Kiki Maharani, M. Pd
Latar belakang dari penelitian ini adalah penggunaan strategi dalam implementasi kurikulum merdeka. Seperti yang diketahui bahwa kurikulum telah dilakukan perubahan. Dalam implementasi kurikulum merdeka ini, khususnya pada mata pelajaran SKI dapat dilakukan dengan menggunakan strategi-strategi. Salah satunya yaitu menggunakan strategi refleksi. Strategi refleksi guru dapat mendukung perkembangan profesionalitas guru ataupun calon guru. Harapannya dengan adanya strategi refleksi akan ditemukan kelemahan dalam setiap pembelajaran supaya dapat segera dilakukan perbaikan. Adanya perbaikan yangberkelanjutan dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan kenyamanan peserta didik dalam pembelajaran. Dari beberapa paparan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan strategi refleksi dalam implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran SKI di MTs Negeri Samarinda serta faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran SKI di MTs Negeri Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di MTs Negeri Samarinda. Adapun sumber data diperoleh dari Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Guru SKI dan Siswa. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menampilkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran SKI di MTs Negeri Samarinda dapat ditingkatkan dengan menggunakan strategi refleksi. Dari hasil temuan peneliti, diperoleh bahwa strategi refleksi dalam pendidikan dapat membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman mereka tentang materi pelajaran, keterampilan pemecahan masalah, dan pengembangan profesional. Diperoleh juga bahwa penggunaan strategi refleksi ini lebih terlaksana di kelas 8 dibandingkan kelas 7. Faktor pendukung implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran SKI di sekolah ini yaitu memiliki SDM yang berkualitas tinggi, komitmen belajar dan memotivasi siswa, guru yang bersedia belajar tentang perubahan kurikulum, melakukan seleksi bagi siswa baru dan sekolah juga memberikan fasilitas yang memadai. Sedangkan factor penghambat implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran SKI di MTs Negeri Samarinda tidak terkendala oleh faktor eksternal. Namun, dalam konteks penggunaan strategi refleksi dalam pembelajaran, faktor penghambatnya seringkali berasal dari kurangnya kesiapan guru sendiri.