Efektivitas Pelatihan Konsep Diri Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Siswa SMA Negeri 4 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Siti Aisyah Wahyuni, 2024. “Efektivitas Pelatihan Konsep Diri Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Siswa SMA Negeri 4 Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pemberdayaan Masyarakat Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Abubakar Idham Madani, M.Ag. dan Muhamad Hasan Abdillah, M.Psi.
Latar belakang penelitian ini adalah permasalahan kesehatan mental pada siswa yang disebabkan karena adanya faktor lingkungan keluarga dan sekolah. Oleh karena itu, peneliti menawarkan pelatihan mengenai konsep diri yang belum pernah diberikan di SMA Negeri 4 Samarinda. Tujuan dari penelitian ini yaitu, diharapkan pelatihan yang diberikan efektif dalam meningkatkan kesehatan mental di SMA Negeri 4 Samarinda.
Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis pendekatan eksperimen dengan jumlah subjek 20 siswa. Teknik sampling menggunakan nonprobability sampling dengan jenis purposive sampling, dimana pemilihan subjek berdasarkan krtiteria dan tujuan tertentu. Instrumen penelitian menggunakan skala kesehatan mental dan teknik analisis data menggunakan analisis statistik JASP dengan uji Repeated Measure Anova.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kesehatan mental siswa meningkatkan dibandingkan setelah mengikuti pelatihan. Hal ini dapat dilihat melalui hasil perhitungan nilai rata-rata kelompok eksperimen pretest yaitu 15,4, nilai posttest 13,7, nilai follow up pertama 14,5 dan nilai follow up kedua 17,167. Hasil uji normalitas kelompok eksperimen data pretest, posttest, follow up 1 dan 2 diperoleh 0,569 > 0,05 maka variabel berdistribusi normal dan uji homogenitasnya diperoleh 0,126 > 0,05 dinyatakan data homogen. Hasil analisis uji Repeated Measure ANOVA pada tabel ouput Test of Within-Subjects Effects diketahui nilai Greenhouse-Geisser signifikansi (p) yang diperoleh sebesar 0,040 < 0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima dengan kata lain terdapat perbedaan rata-rata peningkatan kesehatan mental dari waktu ke waktu. Dengan demikian pelatihan konsep diri efektif dalam meningkatkan kesehatan mental siswa SMA Negeri 4 Samarinda.