Show simple item record

dc.contributor.authorAdriani, Bibian
dc.date.accessioned2024-06-24T03:42:33Z
dc.date.available2024-06-24T03:42:33Z
dc.date.issued2024-03-06
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4443
dc.description.abstractABSTRAK Bibian Adriani, 2024. “Pengaruh Penggunaan Media Google Form terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa SMP Plus Melati Samarinda”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Dibawah bimbingan Muhammad Ridho Muttaqin, M.Pd sebagai pembimbing I dan Rega Armela, M.Pd sebagai pembimbing II. Pendidikan saat ini telah dipengaruhi oleh perkembangan teknologi informasi, yang membuka berbagai peluang baru dalam pembelajaran. Salah satu alat teknologi yang telah diperkenalkan adalah media google form, yang menawarkan kemudahan dalam pembuatan kuis, survei, dan evaluasi pembelajaran. Di SMP Plus Melati Samarinda, penggunaan media google form telah diadopsi sebagai salah satu media pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran. Namun, sementara media google form menjanjikan kemudahan dan fleksibilitas, pertanyaan mendasar tetap terbuka, seberapa besar pengaruh penggunaan media ini benar-benar efektif digunakan sebagai alat evaluasi pembelajaran di SMP tersebut, khususnya dalam konteks mata pelajaran PAI dan budi pekerti. Dengan demikian dirumuskan tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan tentang seberapa besar pengaruh penggunaan media google form terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa SMP Plus Melati Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kausal, dan dengan alat analisis menggunakan uji regresi linier sederhana menggunakan software IBM SPSS. Dalam penelitian ini pemilihan responden dilakukan dengan metode populasi sensus yang menjadikan semua nilai pupulasi sebagai responden dalam penelitian ini. Jumlah responden yang digunakan adalah 47 dari 50 siswa dengan menyeleksi 3 siswa diantaranya yang tidak mengikuti Pelajaran PAIB karna menganut agama non-Islam. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi nilai rapot siswa pada semester ganjil 2023/2024. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media google form berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PAIBP siswa dengan nilai F hitung adalah 97.087 dengan Tingkat signifikansi sebesar 0.001 < 0.05. Besaran pengaruh yang ditemukan dari nilai koefisien determinasi juga cukup besar mencapai 68.3%, dan 31,7% sisanya adalah faktor lain diluar penelitian ini, sedangkan nilai koefisien regresi bernilai positif sebesar 2.201 yang menandakan setiap penambahan 1 penggunaan media google form maka akan menambah 2.201 hasil belajar PAIBP siswa, sehingga jika penggunaan google form semakin ditingkatkan di SMP Plus Melati Samarinda maka akan semakin meningkat pula hasil belajar PAIBP siswa. Hal ini di dukung dengan bukti dokumentasi nilai rapot siswa yang semakin meningkat seiring meningkatnya kelas mereka.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectMedia Google Form, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekertien_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Media Google Form terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa SMP Plus Melati Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record