Show simple item record

dc.contributor.authorArum, Sekar Pandan
dc.date.accessioned2024-06-25T06:51:44Z
dc.date.available2024-06-25T06:51:44Z
dc.date.issued2024-05-22
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4451
dc.description.abstractABSTRAK Sekar Pandan Arum, 2024. “Strategi Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dra. Etty Nurbayani, M.Pd selaku dosen pembimbing 1 dan Rega Armella, M.Pd selaku dosen pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi oleh urgensi pentingnya Al-Qur'an dalam konteks kehidupan manusia, terutama bagi umat Muslim, yang mendorong partisipasi aktif dalam aktivitas membaca Al-Qur'an. Meskipun demikian, sebagian individu, termasuk siswa di MTS Nurul Islam Samarinda, menghadapi kesulitan dalam membaca Al-Qur'an. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran yang inovatif, mengingat Al-Qur'an dianggap sebagai panduan hidup bagi umat Muslim untuk mencapai keselamatan dunia dan akhirat. Penelitian ini bertujuanuntuk: 1) mengidentifikasi tantangan yang dihadapi siswa dalam membaca AlQur'an terkait dengan makhraj dan ilmu tajwid di MTs Nurul Islam Samarinda, 2)mengevaluasi strategi guru Al-Qur'an dan Hadis dalam mengatasi kesulitan siswa membaca Al-Qur'an di MTs Nurul Islam Samarinda, dan 3) menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran membaca Al-Qur'an di MTs Nurul Islam Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan fokus pada guru Al-Qur’an dan Hadits serta anggota sekolah yang terlibat dalam merencanakan strategi untuk mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data mengikuti model interaktif yang diajukan oleh Miles dan Huberman, melibatkan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti membahas berbagai strategi yang digunakan untuk mengatasi kesulitan belajar membaca AlQur’an di MTS Nurul Islam Samarinda. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Strategi Guru Al-Qur'an Hadits dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur'an siswa yaitu, tajwid dalam hal penyebutan bacaan upaya yang dilakukan oleh guru Al-Qur'an Hadits yaitu dengan cara mengulang-ulang bacaan Al-Qur'an serta mengajarkan cara penyebutan yang baik dan benar.yang kedua mengenai panjang pendeknya yang dimana upaya yang dilakukan guru Al-Qur'an Hadits dengan melakukan bimbingan khusus kepada peserta didik dan mengadakan tes membaca Al-Qur'an kepada siswa. Faktor pendukung yaitu, sarana dan prasarana yang memadai dan kebijakan sekolah yang mendukung dan faktor penghambat yaitu, kurangnya kemampuan dasar, motivasi siswa, serta waktu pembelajaran yang terbatas.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectStrategi Guru, Al-Qur’an Hadits, Kesulitan Belajaren_US
dc.titleStrategi Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record