Strategi Pembelajaran Guru AlQur’an Hadits dalam Penguatan Hafalan Al-Qur’an Hadits siswa di MTs AlMisra Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Muhammad Rizky Fauzan Falahi, 2024, Strategi Pembelajaran Guru AlQur’an Hadits dalam Penguatan Hafalan Al-Qur’an Hadits siswa di MTs AlMisra Samarinda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. Darwis, M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Dr. Hj. Titi Kadi, M.Pd.I selaku pembimbing II.
Peneliti menemukan bahwa siswa di MTs Al-Misra Samarinda menghadapi kesulitan menghafal Al-Qur'an Hadits saat mereka belajar. Hal ini membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran guru Al-Qur'an Hadits membantu siswa menghafal Al-Qur'an Hadits di MTs Al-Misra Samarinda. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran guru Al-Qur'an Hadits dalam penguatan hafalan Al-Qur'an Hadits di MTs Al-Misra Samarinda; dan (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam strategi pembelajaran guru Al-Qur’an Hadits di MTs Al-Misra Samarinda
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber informasi penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Wawancara, dokumentasi dan observasi merupakan metode pengumpulan data. Keabsahan data diverifikasi dengan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini menemukan bahwa (1) guru Al-Quran dan Hadits di MTs Al-Misra Samarinda menggunakan berbagai strategi untuk menguatkan hafalan Al-Qur'an dan Hadits secara efektif dan efisien. Lingkungan belajar yang merangsang kerja sama dan daya ingat siswa ditingkatkan dengan menggunakan strategi kooperatif learning, strategi permainan peran dan stimulasi, strategi kontekstual learning, dan strategi ekspositori. Metode pengulangan terstruktur, teknik seperti mind mapping, dan kaitan dengan pengalaman nyata membantu memperkuat pemahaman siswa terhadap materi. Penilaian berkala, penguatan positif, motivasi, serta bimbingan personal memastikan kemajuan siswa dalam menghafal. Strategi ini bertujuan menciptakan lingkungan belajar kondusif dan membantu siswa mencapai target hafalan mereka. (2) Dalam pembelajaran AlQuran Hadits di MTs Al-Misra Samarinda, terdapat faktor pendukung seperti keterlibatan aktif siswa, kerja sama dalam kelompok, atmosfer kelas yang positif, dukungan orang tua, fasilitas yang mendukung, dan motivasi siswa sangat mendukung keberhasilan strategi pembelajaran. Namun terdapat juga factor penghambatnya seperti kurangnya minat atau motivasi siswa, perbedaan kemampuan, dan keterbatasan waktu dapat menjadi hambatan. Guru Al-Quran Hadits mengatasi hambatan tersebut dengan menyediakan variasi dalam pembelajaran, mengadakan diskusi motivasi, memberikan perhatian khusus pada kebutuhan siswa, dan berkomunikasi aktif dengan orang tua untuk mencapai tujuan penguatan hafalan Al-Quran dan Hadits siswa.