View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Upaya guru dalam memperbaiki bacaan ALQur’an siswa Di MTs Ma’arif NU 1 Samarinda

Thumbnail
View/Open
Bardah Aulia Fitri.docx (16.73Kb)
Date
2024-06-10
Author
Fitri, Bardah Aulia
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Bardah Aulia Fitri, 2024. “Upaya guru dalam memperbaiki bacaan ALQur’an siswa Di MTs Ma’arif NU 1 Samarinda”. Skripsi. Program Studi PAI (Pendidikan Agama Islam), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh bapak Dr. Much. Eka Mahmud, M.Ag. dan ibu Siti Nasiah, M.Pd Sebuah proses pendidikan didalam memperlajari Al-Qur’an diantaranya adalah berusaha untuk memperbaiki bacaan Al-Qur’an dengan cara belajar kepada salah seorang ahli Al-Qur’an yang sudah mu’tabar (dianggap keberadaannya). Dalam mempelajari Al-Qur’an harus dilakukan dengan baik dan benar. Siswa yang mengalami kesulitan mengenal huruf dan membaca huruf sesuai makhraj AlQur’an dapat disebabkan oleh kurangnya pengulangan pembelajaran Al-Qur’an di rumah. Dengan ini guru dapat melakukan upaya dalam mengajar Al-Qur’an berupa, memberikan dorongan, memberi contoh dan membiasakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam memperbaiki bacaan Al-Qur’an siswa dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam memperbaiki bacaan Al-Qur’an siswa MTs Ma’arif NU 1 Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian adalah jenis penelitian kulitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, waka kesiswaan sekaligus ketua kegiatan pada pembelajaran Al-Qur’an, waka kurikulum, guru dan siswa di MTs Ma’arif NU 1 Samarinda. Teknik analisis data yang digunakan ialah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan teknik keabsahan data yang digunakan adalah adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian dari upaya guru dalam memperbaiki bacaan Al-Qur’an siswa di MTs Ma’arif NU 1 Samarinda ialah dengan mengadakan kegiatan pembelajaran Al-Qur’an yang dituangkan dalam ekstrakulikuler wajib bagi seluruh siswa/siswinya. Kegiatan ini dilaksanakan 3 kali dalam seminggu, kegiatan tersebut dibagi menjadi 4 kategori yaitu kategori Iqro’ yang dilaksanakan pada hari senin, kategori tahsin dilaksanakan pada hari selasa, kategori tahfidz dilaksanakan pada hari rabu dan kategori karantina dilaksanakan pada akhir semester. Faktor pendukung dalam kegiatan tersebut adalah dukungan dari orang tua dan motivasi dari guru. Sementara itu untuk faktor penghambatnya yakni terdapat beberapa siswa yang lingkungannya kurang mendukung, seperti tidak ada kelanjutan belajar AlQur’an dirumah, kurangnya minat untuk belajar Al-Qur’an dan sulit memahami yang telah diberikan.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4456
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [868]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV