Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMPN 36 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Rodiah 2024, “Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMPN 36 Samarinda”. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Siti Julaiha, S. Ag, M.Pd selaku pembimbing I dan Bapak H. Susanto, Lc., M.Pd.I selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengembangan kompetensi profesional Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam penerapan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 36 Samarinda melalui pemanfaatan fitur Platform Merdeka Mengajar (PMM) sebagai wadah tepat guna yang membantu menjalankan tugas profesinya dan mengembangkan kompetensi profesional mereka dalam membuat rancangan pembelajaran. Tetapi disisi lain, terdapat faktor penghambat guru dalam penggunaan fitur yang tersedia sehingga diperlukan adanya usaha yang diupayakan oleh sekolah dalam rangka meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam penggunaan Platform Merdeka Mengajar sebagai sumber belajar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi yang dimaksudkan untuk memahami fenomena sosial secara langsung berdasarkan sudut pandang partisipan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan melalui kolaborasi antara triangulasi sumber dengan triangulasi teknik. Untuk teknik analisis data berdasarkan analisis data menurut Miles dan Huberman melalui tahap reduksi data; display data; serta kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Platform Merdeka Mengajar (PMM) memudahkan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengembangkan kompetensi profesionalnya meliputi; pembuatan rancangan pembelajaran berkaitan dengan pembuatan modul ajar dan menentukan jenis assesmen yang sesuai Capaian Pembelajaran(CP) peserta didik; mengembangkan teknik mengajar yang bervariasi meliputi pemilihan metode, model maupun strategi pembelajaran yang relevan; serta penguasaan media/teknologi pembelajaran dikelas yang meliputi pemilihan alat/media/atau bahan ajar yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan konteks pembelajaran yang dilakukan di kelas. Meskipun faktor usia dan kurangnya pemahaman IT masih menjadi kendala dalam memaksimalkan beberapa fitur dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM). Namun melalui pelatihan secara intens yang rutin dilaksanakan dapat membantu meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru PAI dalam pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM).