Implementasi Kegiatan Muhadharah Dalam Membentuk Karakter Percaya Diri Siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Muhibbin Desa Jantur Kec. Muara Muntai
Abstract
ABSTRAK
Nor Misna, 2024. “Implementasi Kegiatan Muhadharah Dalam Membentuk Karakter Percaya Diri Siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Muhibbin Desa Jantur Kec. Muara Muntai” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. Muhammad Nasir, M.Ag., selaku pembimbing I dan Bapak Ahmad Maulana Syafi’I, M.Si., selaku pembimbing II.
Pelaksanaan kegiatan muhadharah merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh MTs Al-Muhibbin Desa Jantur untuk membentuk karakter percaya diri peserta didik. Karakter percaya diri merupakan salah satu tujuan penting dalam pelaksanaan kegiatan muhadharah dan tentunya harus ada pada peserta didik terutama pada saat mengikuti kegiatan muhadharah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kegiatan muhadharah dalam membentuk karakter percaya diri siswa di Madrasah tsanawiyah Al-Muhibbin Desa Jantur serta untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi kegiatan muhadharah dalam membentuk karakter percaya diri siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Muhibbin Desa Jantur.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah Kepala Madrasah Tsanawiyah Al-Muhibbin, guru pendamping kegiatan muhadharah, dan siswa MTs Al-Muhibbin Desa Jantur. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas yang terdiri dari triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini terkait implementasi kegiatan muhadharah dalam membetuk karakter percaya diri siswa di MTs Al-Muhibbin Desa Jantur untuk pelaksanaan kegiatan ini diawali dengan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Persiapan dalam kegiatan muhadharah yaitu menentukan petugas yang akan tampil dalam kegiatan muhadharah serta mempersiapkan tugasnya masing-masing. Pelaksanaan kegiatan muhadharah ini dilaksanakan satu minggu sekali yaitu pada hari sabtu dan wajib diikuti oleh seluruh peserta didik, sedangkan untuk rangkaian dalam kegiatan muhadharah ini yaitu pembukaan, pembacaan ayat suci al-qur’an beserta sari tilawahnya, kegiatan inti tausiyah dan syarhil qur’an serta syair-syair habsy yang terakhir penutup yaitu pembacaan do’a. Adapun mengenai evaluasi dalam kegiatan muhadharah yang lebih dominan di evaluasi ada 3 yaitu yang bertugas sebagai MC, tausiyah dan syarhil qur’an. Faktor pendukung dalam kegiatan muhadharah ini adalah peran guru pendamping, kemudian faktor lainnya yaitu tentunya ketika peserta didik sudah terbiasa tampil di depan dengan penuh percaya diri. Sedangkan, faktor penghambat dari kegiatan muhadharah yaitu ada pada peserta didik itu sendiri, karena kurangnya persiapan dari peserta didik sehingga pada saat tampil didepan kurang maksimal.