Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Membentuk Karakter Berkebhinekaan Global Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
DESFYANSYAH, 2024 “Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Membentuk Karakter Berkebhinekaan Global Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Samarinda” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Indriana Rahmawati, M.Pd., dan Bapak Muhammad Agil, M.Sc.
Latar belakang penelitian ini adalah pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMP Negeri 8 Samarinda sekitar 80% peserta didik bersuku bugis dan toraja dan kurang lebih 20% lagi terdiri dari suku yang berada di daerah kalimantan, jawa, sumatra, dan bagian timur Indonesi hal ini yang menjadi dasar pelaksanaan P5 tema bhineka tunggal ika dan kearifan lokal. Pelaksanaan P5 tema bhineka tunggal ika pada kelas VII diberikan projek melestarikan tarian dan lagu dari beberapa daerah yang ada di Indonesia sedangkan kelas VIII diberikan tema kearifan lokal dengan projek mengolah dan menyajikan makanan khas daerah berbahan dasar pisang, ubi, dan singkong yang ada di Indonesia, dengan hal ini peserta didik lebih mengenal keragaman budaya untuk membentuk karakter berkebhinekaan global. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan P5 dalam membentuk karakter berbhinekaan global siswa di SMP Negeri 8 samarinda.
Jenis Penelitian ini termasuk deskripsi kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah wakakurikulum, tim pelaksana P5 kelas VII dan tim pelaksanaan P5 kelas VIII. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas yang terdiri dari triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Membentuk Karakter Berkebhinekaan Global Siswa di SMP Negeri 8 Samarinda. Pelaksanaan P5 disesuaikan dengan kebutuhan sekolah, dilakukan secara sistematis dan fleksibel, mencakup pembentukan tim pelaksana, merancang dimensi, tema, dan waktu pelaksanaan, penyusunan modul P5, pelaksanaan kegiatan, dan penyusunan laporan hasil. Dari hasil pelaksanaan, melalui kegiatan P5 dengan tema bhineka tunggal ika dangan projek melestarikan tarian dan lagu dari beberapa daerah yang ada di Indonesia dan tema kearifak lokal dengan projek mengolah dan menyajikan makanan khas daerah berbahan dasar pisang, ubi, dan singkong muncul pembentukan karakter berkebhinekaan global pada peserta didik. Peserta didik mengenal dan menghargai budaya, mengembangkan keterampilan komunikasi antar budaya, serta refleksi dan bertanggung jawab terhadap pengalaman kebhinekaan. Kegiatan P5 memberikan kontribusi dalam membentuk karakter berkebhinekaan global, membantu peserta didik mengenali identitas budaya, memperdalam pemahaman terhadap keberagaman budaya Indonesia, dan membiasakan menghormati budaya-budaya yang berbeda. Dengan demikian, peserta didik diharapkan menjadi agen perubahan yang memperkenalkan dan menghargai keragaman budaya Indonesia, serta menjaga nasionalisme dalam menghadapi pengaruh global yang kuat.