Show simple item record

dc.contributor.authorFajriyah, Tata Maftuhatul
dc.date.accessioned2024-07-01T06:29:04Z
dc.date.available2024-07-01T06:29:04Z
dc.date.issued2024-06-13
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4466
dc.description.abstractABSTRAK Tata Maftuhatul Fajriyah, 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbasis Media Autoplay Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 47 Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Program Sarjana S-1. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. HM Said Husin, MA selaku dosen pembimbing I dan Dr. Sudadi, M. Pd selaku dosen pembimbing II. Riset ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan yang mengindikasikan bahwa metode pembelajaran tradisional masih menjadi paling dominan dalam transferisasi ilmu, khususnya pada mata pelajaran PAI. Disamping itu, minimnya pemanfaatan teknologi modern yang sudah tersedia di sekolah mengakibatkan rendahnya aktivitas dan antusiasme peserta didik terhadap pembelajaran. Metode yang umumnya digunakan berbasis resitasi (penugasan) yang menyebabkan kurangnya pengawasan dan pemahaman pada materi ajar. Oleh sebab itu, adanya kajian ini bertujuan guna menguji kuantitas pengaruh model pembelajaran TGT berbasis media Autoplay terhadap hasil capaian belajar mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 47 Samarinda. Penelitian ini menggunakan quasi experiment melalui teknik pretest posttest control group design. Sampel mencakup 62 peserta didik yang diambil dari kelas VII A sebagai unit kontrol dan VII B sebagai unit eksperimen di SMP Negeri 47 Samarinda. Teknik pengumpulannya meliputi observasi, tes dan dokumentasi. Data yang dihimpun dianalisis menggunakan SPSS versi 25 dengan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data mengaitkan uji t sesudah terlaksananya pemeriksaan uji prasyarat normalitas dan homogenitas sebelumnya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran TGT berbasismedia Autoplay berpengaruh besar (signifikan) kepada hasil belajar mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 47 Samarinda. Dibuktikan dari hasil nilai signifikansi yang dilihat dengan nilai thitung 2,978 > ttabel 1, 671 dan pvalue dibawah 0,05. Maka diambil keputusan bahwa menolak H0 dan menerima Hα. Nilai uji effect size cohen’s juga menghasilkan 0,75. Jika diinterpretasikan ke dalam tabel cohen’s nilai ini masuk kedalam kategori “Sedang” artinya memiliki dampak yang besar. Menandakan bahwa model pembelajaran TGT berbasis media Autoplay memberikan dampak yang besar terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectModel Pembelajaran, Team Games Tournament (TGT), Media Autoplayen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbasis Media Autoplay Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 47 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record